Pengaruh Perceived Value dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Barang (Survey Pada Mahasiswa Brawijaya Pengguna Jasa Pengiriman Barang J&T Express di Kota Malang)
Main Authors: | Subahra, Aryatama, Kadarisman Hidayat, Dr.,M.Si |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192221/1/0520030045-%20Aryatama%20Subahra.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192221/ |
Daftar Isi:
- Kemunculan internet dan pengaplikasian internet terhadap dunia bisnis memberikan kesempatan besar bagi industri logistik untuk semakin berkembang. Internet telah membawa perubahan besar salah satunya kepada industri retail. Munculnya e-commerce sebagai bagian dari perkembangan bisnis yang berbasis internet memberikan keuntungan bagi perusahaan retail terutama karena sifatnya yang nyaman dan interaktif dan memberikan pengalaman yang lebih nyaman dalam berbelanja. Bagi konsumen dapat melakukan transaksi pembelian secara online dan barang akan diantarkan menggunakan jasa pengiriman. Kondisi tersebut menjadikan permintaan terhadap jasa pengiriman barang melonjak tinggi. Tingginya permintaan atas jasa pengiriman barang tidak terlepas dari penilaian yang didapatkan oleh konsumen (perceived value), kualitas jasa pengiriman serta kepuasan yang didapatkan oleh kosumen, sehingga membuat persaingan industri jasa pengiriman semakin kompetitif. Salah satu pemain baru jasa pengiriman barang di Indonesia pada saat mulai berkembangnya e-commerce adalah J&T Expreess. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perceived value dan kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan pada Mahasiswa Brawijaya pengguna jasa J&T Express yang berada di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Value memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Kualitas Jasa memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Perceived Value dan Kualitas Jasa memberikan pengaruh signifikan secara Bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada jasa pengiriman barang J&T Express Kota Malang.