Pengaruh Unique Selling Proposition Terhadap Brand Equity Sentra Tanaman Hias Kios Hijau (Studi Pada Sentra Tanaman Hias, Graha Raya, Kota Tangerang Selatan)

Main Authors: Damara, Ahmad Fauzan, Destyana Ellingga Pratiwi, SP., MP., MBA, Dr. Dwi Retno Andriani, SP., MP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192155/1/AHMAD%20FAUZAN%20DAMARA.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192155/
Daftar Isi:
  • Ditengah keadaan pandemi COVID-19, masyarakat cenderung untuk mengeksplorasi sebuah kegiatan baru ataupun hobi baru. Salah satu aktivitas ataupun hobi baru tersebut yaitu hobi mengkoleksi tanaman hias di rumah. Mengkoleksi tanaman hias tersebut tidak hanya untuk penghilang rasa penat dikarenakan keadaan yang mengharuskan untuk di rumah, akan tetapi juga berguna untuk memperindah sisi rumah khususnya halaman. Bahkan, hobi mengkoleksi tanaman hias ini digemari oleh semua kalangan, baik dewasa atau remaja sekalipun. Merebaknya hobi mengkoleksi tanaman hias menjadi tren diberbagai daerah, salah satunya itu wilayah Kota Tangerang Selatan. Kota Tangerang Selatan memiliki sektor usaha tanaman hias khususnya sentra tanaman hias di Graha Raya yang bernama Kios Hijau. Kios Hijau merupakan barisan toko yang penjual berbagai macam tanaman hias yang dikelola oleh PT. Jaya Real Property. Melihat dari lokasinya yang berdekatan dengan pemukiman penduduk, maka sentra tanaman hias Kios Hijau menjadi tempat yang diminati masyarakat sekitar dalam memperoleh tanaman hias. Melihat hal itu, pelaku usaha tanaman hias perlu suatu pembeda agar masyarakat dapat mengetahui dan membeli tanaman hias tersebut dengan cara melihat unique selling preposition pada sentra tanaman hias dalam mempengaruhi brand equity sentra tanaman hias tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan kuesioner google form dalam penyebaran kuesioner. Waktu penelitian ini dimulai pada Bulan Juli – Agustus 2021. Jumlah populasi yang tak terhitung maka penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling dalam penentuan responden yang akan digunakan. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang ada di dapat melalui kuesioner yang telah dijawab oleh responden dan data sekunder di dapat melalui buku dan jurnal yang relevan. Jumlah responden pada penelitian itu yaitu 90 responden. Analisis data penelitian menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) untuk memprediksi hubungan variabel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa diketahui nilai p – value dari variabel unique selling preposition sebesar 0,000(<0,05) dan pada nilai t – statistic sebesar 17,312 (1,96). Melihat nilai tersebut bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari variabel unique selling preposition terhadap brand equity, sehingga sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, mengartikan bahwa variabel unique selling preposition berpengaruh signifikan terhadap brand equity pada sentra tanaman hias kios hijau.