Pengaruh Marketing Mix Dengan Mediasi Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Saat Pandemi Covid-19 Di Kota Malang

Main Authors: Salsabilah, Adella Rania, Ir. Effy Yuswita, M.Si., Anisa Aprilia, SP., MP., M.BA.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192150/1/Adella%20Rania%20Salsabilah.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192150/
Daftar Isi:
  • Kondisi pandemi COVID-19 yang masih terjadi mempengaruhi sektor bisnis makanan dan minuman. Pada tahun 2021, Pizza Hut Indonesia mengalami penurunan omset makanan dibandingkan periode tahun sebelumnya. Dalam menghadapi situasi tersebut, perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Salah satu faktor tersebut adalah marketing mix. Selain itu, brand image perusahaan perlu diperhatikan agar selalu diingat oleh konsumen sebagai merek yang positif. Melalui latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menganalisis pengaruh Product, Price, Promotion, dan Place terhadap keputusan pembelian produk Pizza Hut di Kota Malang selama pandemi COVID-19, baik secara langsung maupun dengan mediasi Brand Image. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan secara kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan mengambil sampel sebanyak 91 responden. Metode pengumpulan data primer menggunakan kuesioner penelitian online yang disebarkan menggunakan google form. Analisis data yang digunakan yaitu PLS-SEM dengan aplikasi software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Product, Price, dan Promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel Place tidak mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen. Pada pengaruh variabel Brand Image sebagai mediator, ditemukan bahwa Brand Image memediasi hubungan variabel Product, Promotion, dan Place terhadap keputusan pembelian secara tidak signifikan. Brand Image tidak memediasi pengaruh variabel Price terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara langsung dari Product, Price, Promotion terhadap keputusan pembelian. Namun, tidak ditemukannya pengaruh tidak langsung yang signifikan dari Product, Price, Promotion, Place terhadap keputusan pembelian melalui variabel mediasi Brand Image. Faktor bauran pemasaran memiliki pengaruh yang lebih baik secara langsung dibandingkan melalui mediasi Brand Image. Perusahaan dapat memfokuskan strategi pemasaran pada bauran pemasaran, karena menunjukkan memiliki nilai yang lebih tinggi pada pengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. Pengembangan pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menambah variabel bauran pemasaran pada penelitian seperti People, Process, dan Physical Evidence.