Pengaruh Marketing Mix Dengan Mediasi Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Saat Pandemi Covid-19 Di Kota Malang
Main Authors: | Salsabilah, Adella Rania, Ir. Effy Yuswita, M.Si., Anisa Aprilia, SP., MP., M.BA. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192150/1/Adella%20Rania%20Salsabilah.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192150/ |
ctrlnum |
192150 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192150/</relation><title>Pengaruh Marketing Mix Dengan Mediasi Brand Image
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Saat
Pandemi Covid-19 Di Kota Malang</title><creator>Salsabilah, Adella Rania</creator><creator>Ir. Effy Yuswita, M.Si.</creator><creator>Anisa Aprilia, SP., MP., M.BA.</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Kondisi pandemi COVID-19 yang masih terjadi mempengaruhi sektor bisnis
makanan dan minuman. Pada tahun 2021, Pizza Hut Indonesia mengalami
penurunan omset makanan dibandingkan periode tahun sebelumnya. Dalam
menghadapi situasi tersebut, perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan pembelian. Salah satu faktor tersebut adalah
marketing mix. Selain itu, brand image perusahaan perlu diperhatikan agar selalu
diingat oleh konsumen sebagai merek yang positif. Melalui latar belakang tersebut,
penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menganalisis pengaruh Product, Price,
Promotion, dan Place terhadap keputusan pembelian produk Pizza Hut di Kota
Malang selama pandemi COVID-19, baik secara langsung maupun dengan mediasi
Brand Image.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan secara kuantitatif. Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan mengambil
sampel sebanyak 91 responden. Metode pengumpulan data primer menggunakan
kuesioner penelitian online yang disebarkan menggunakan google form. Analisis
data yang digunakan yaitu PLS-SEM dengan aplikasi software SmartPLS 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Product, Price, dan Promotion
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel
Place tidak mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen. Pada pengaruh
variabel Brand Image sebagai mediator, ditemukan bahwa Brand Image memediasi
hubungan variabel Product, Promotion, dan Place terhadap keputusan pembelian
secara tidak signifikan. Brand Image tidak memediasi pengaruh variabel Price
terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat
hubungan yang positif dan signifikan secara langsung dari Product, Price,
Promotion terhadap keputusan pembelian. Namun, tidak ditemukannya pengaruh
tidak langsung yang signifikan dari Product, Price, Promotion, Place terhadap
keputusan pembelian melalui variabel mediasi Brand Image. Faktor bauran
pemasaran memiliki pengaruh yang lebih baik secara langsung dibandingkan
melalui mediasi Brand Image. Perusahaan dapat memfokuskan strategi pemasaran
pada bauran pemasaran, karena menunjukkan memiliki nilai yang lebih tinggi pada
pengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. Pengembangan pada
penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menambah variabel bauran
pemasaran pada penelitian seperti People, Process, dan Physical Evidence.</description><date>2022-01-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192150/1/Adella%20Rania%20Salsabilah.pdf</identifier><identifier> Salsabilah, Adella Rania and Ir. Effy Yuswita, M.Si. and Anisa Aprilia, SP., MP., M.BA. (2022) Pengaruh Marketing Mix Dengan Mediasi Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Saat Pandemi Covid-19 Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0522040024</relation><identifier>0522040024</identifier><recordID>192150</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Salsabilah, Adella Rania Ir. Effy Yuswita, M.Si. Anisa Aprilia, SP., MP., M.BA. |
title |
Pengaruh Marketing Mix Dengan Mediasi Brand Image
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Saat
Pandemi Covid-19 Di Kota Malang |
publishDate |
2022 |
isbn |
9780522040029 |
topic |
338.1 Agriculture |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192150/1/Adella%20Rania%20Salsabilah.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192150/ |
contents |
Kondisi pandemi COVID-19 yang masih terjadi mempengaruhi sektor bisnis
makanan dan minuman. Pada tahun 2021, Pizza Hut Indonesia mengalami
penurunan omset makanan dibandingkan periode tahun sebelumnya. Dalam
menghadapi situasi tersebut, perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan pembelian. Salah satu faktor tersebut adalah
marketing mix. Selain itu, brand image perusahaan perlu diperhatikan agar selalu
diingat oleh konsumen sebagai merek yang positif. Melalui latar belakang tersebut,
penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menganalisis pengaruh Product, Price,
Promotion, dan Place terhadap keputusan pembelian produk Pizza Hut di Kota
Malang selama pandemi COVID-19, baik secara langsung maupun dengan mediasi
Brand Image.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan secara kuantitatif. Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan mengambil
sampel sebanyak 91 responden. Metode pengumpulan data primer menggunakan
kuesioner penelitian online yang disebarkan menggunakan google form. Analisis
data yang digunakan yaitu PLS-SEM dengan aplikasi software SmartPLS 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Product, Price, dan Promotion
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel
Place tidak mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen. Pada pengaruh
variabel Brand Image sebagai mediator, ditemukan bahwa Brand Image memediasi
hubungan variabel Product, Promotion, dan Place terhadap keputusan pembelian
secara tidak signifikan. Brand Image tidak memediasi pengaruh variabel Price
terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat
hubungan yang positif dan signifikan secara langsung dari Product, Price,
Promotion terhadap keputusan pembelian. Namun, tidak ditemukannya pengaruh
tidak langsung yang signifikan dari Product, Price, Promotion, Place terhadap
keputusan pembelian melalui variabel mediasi Brand Image. Faktor bauran
pemasaran memiliki pengaruh yang lebih baik secara langsung dibandingkan
melalui mediasi Brand Image. Perusahaan dapat memfokuskan strategi pemasaran
pada bauran pemasaran, karena menunjukkan memiliki nilai yang lebih tinggi pada
pengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. Pengembangan pada
penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menambah variabel bauran
pemasaran pada penelitian seperti People, Process, dan Physical Evidence. |
id |
IOS4666.192150 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:25:02Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:25:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456389259067392 |
score |
17.538404 |