Pengaruh Trend Fashion Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Jeans Lokal (Studi pada Konsumen Jeans Lokal di Jabodetabek)

Main Authors: Nurrahman, Alfarez, Lusy Deasyana Rahma Devita, S.AB., M.AB
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192091/1/0520030020-%20Alfarez%20Nurrahman.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192091/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh sebuah Trend Fashion yang terbentuk dari Gaya yang Diterima (X1) dan digunakan oleh Mayoritas Kelompok (X2), dalam Waktu Tertentu (X3) yang diciptakan oleh Pemimpin Opini (X4) secara bersama-sama maupun parsial terhadap Minat Beli (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah laki-laki berusia 17-22 tahun yang berdomisili di Jabodetabek dan pernah membeli produk jeans apapun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability, purposive sampling dan melalui kuesioner online kepada 128 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya yang Diterima, Mayoritas Kelompok, Siklus Waktu, dan Pemimpin Opini secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap Minat Beli. Sementara itu, secara parsial, hanya Mayoritas Kelompok dan Siklus Waktu yang berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi produsen produk jeans lokal untuk memahami tren yang berlaku serta meningkatkan kualitas produk agar menarik minat beli konsumen.