Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Brand Image Dan Trust (Studi Pada Pengguna Tokopedia Di Kota Malang)

Main Authors: Fadhlurrahman, Muhammad Rafii’, Drs. Sunaryo,, M.Si., Ph.D, CMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191917/1/Muhammad%20Rafii%27%20Fadhlurrahman.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191917/
Daftar Isi:
  • Salah satu pemanfaatan media internet dalam aplikasi bisnis yaitu electronic commerce (e-commerce) atau sering juga sering disebut perdagangan elektronik. Salah satu e-commerce paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh brand image dan trust pada pengguna Tokopedia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Penelitian ini menggunakan 100 sampel, sampel tersebut merupakan pengguna Tokopedia di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling non-probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan SmartPLS 3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan langsung terhadap loyalitas konsumen, brand image, dan trust. Brand image dan trust memiliki pengaruh positif dan signifikan langsung terhadap loyalitas konsumen. Brand image dan trust memiliki pengaruh positif dan signifikan tidak langsung dalam memoderasi electronic word of mouth terhadap loyalitas konsumen.