Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan, Dan Pemahaman Etika Konsumsi Islam Terhadap Penggunaan Layanan Grabfood Oleh Konsumen Muslim (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Universitas Brawijaya

Main Authors: Fahmi, Zul, Aminullah Achmad Muttaqin,, M.Sc., Fin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191692/1/Zul%20Fahmi.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191692/
Daftar Isi:
  • eori Islam menyatakan bahwa tujuan konsumsi tidak hanya untuk memenuhi naluri hidup tetapi juga untuk memenuhi maqashid syariah. Sehingga konsumen muslim mengkonsumsi barang atau jasa yang halal dan berasal dari pendapatan atau upah yang halal. Perilaku konsumen muslim harus merepresentasikan hubungan dengan Allah SWT. Konsumsi yang dilakukan setiap hari merupakan bentuk dzikir kepada Allah SWT agar konsumen menjalankan setiap syariat Islam dengan tidak mengkonsumsi barang-barang yang haram, tidak kikir, dan tidak rakus dengan tujuan untuk bertahan hidup baik di dunia maupun di akhirat. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga, pelayanan, dan pemahaman etika konsumsi Islami. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat analisis regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa pelayanan dan pemahaman etika konsumsi Islami berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan layanan grabfood oleh konsumen muslim. Sedangkan harga berpengaruh negatif signifikan terhadap penggunaan jasa grabfood oleh konsumen muslim