Analisis Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Rohani, Malang

Main Authors: Zuhria, Maznah, Dr. Panji Deoranto, STP. MP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191448/1/0520100015-%20Maznah%20Zuhria.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191448/
Daftar Isi:
  • Keripik tempe adalah salah satu cemilan khas kota Malang yang terbuat dari tempe yang diiris tipis. Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Rohani merupakan salah satu tempat usaha yang memproduksi keripik tempe, berlokasi di Jl. Tumenggung Suryo No. 90, Malang. Strategi digital marketing merupakan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing menggunakan media digital untuk melayani pasar sasaran. Memasuki era industri 4.0, Keripik Tempe Rohani mulai menggunakan media digital sebagai salah satu media pemasaran guna menarik minat pembeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi digital marketing yang dilakukan oleh Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Rohani, Malang terhadap keputusan pembelian produk oleh konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Structural Equation Modelling (SEM) yang mendasar pada hubungan kausalitas, yakni terjadinya perubahan pada satu variabel berdampak pada perubahan variabel yang lainnya, yaitu variabel strategi digital marketing terhadap variabel keputusan pembelian. Uji goodness of fit model menunjukkan bahwa model yang digunakan sudah baik sehingga model layak digunakan untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara strategi digital marketing pada variabel product, price dan promotion terhadap keputusan pembelian produk Industri Keripik Tempe Rohani. Sedangkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi digital marketing pada variabel place dan people terhadap keputusan pembelian