Penerapan Quality Function Deployment (QFD) dalam Redesain Kemasan Susu Pasteurisasi (Sudi Kasus di Koperasi Agro Niaga Jabung, Kabupaten Malang)

Main Authors: Mutaqin, Andu Rijal, Ika Atsari Dewi, STP, MP, Dr. Ir. Maimunah Hindun Pulungan, MS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191414/1/0520100003-%20Andu%20Rijal%20Mutaqin.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191414/
Daftar Isi:
  • Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung merupakan salah satu bentuk usaha yang bergerak dalam komoditas sapi perah. Produk utamanya adalah susu segar dan susu olahan. Salah satu produknya adalah susu pasteurisasi. Produk susu pasteurisasi mudah rusak atau denaturasi, sehingga pengemasan pada produk sangat penting dilakukan. Kemasan susu pasteurisasi KAN Jabung saat ini memiliki kelemahan yaitu mudah bocor, desain kurang menarik, kurang lengkap labelan kemasan. Desain yang digunakan sudah lama sejak tahun 2008, desain belum dicitrakan secara kompetitif yang menjadi hambatan dalam mengenalkan produk, sehingga target penjualan per bulan tidak tercapai karena keinginan konsumen belum terpenuhi. Berdasar hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan terhadap desain kemasan susu pasteurisasi yang dapat diterima oleh KAN Jabung dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD), dimana elemen desain bersumber dari kebutuhan kosumen. Atribut yang digunakan pada penelitian ini meliputi, bahan kemasan, perlindungan bagi produk, bentuk kemasan, ukuran kemasan, warna kemasan, tampilan grafis, informasi pada label kemasan, dan kepraktisan. Tahapan analisis data dengan QFD adalah pengumpulan Voice of Customer (VoC), penyusunan House of Quality (HoQ), menentukan respon teknis (Hows), membuat matriks hubungan kebutuhan konsumen (Whats) dengan hows. menentukan korelasi teknis, membuat matriks teknis (prioritas dan taget). Hasil penelitian menyatakan bahwa ada 8 atribut (whats) yang menjadi kebutuhan konsumen akan kemasan susu pasteurisasi KAN Jabung. Berdasarkan importance to customer meliputi bahan kemasan, perlindungan bagi produk, tampilan grafis, warna kemasan, kepraktisan, bentuk kemasan, ukuran kemasan, dan informasi pada label kemasan. Sedangkan atribut (hows) respon teknis yang perlu dilakukan oleh KAN Jabung untuk memenuhi kebutuhan konsumen meliputi, aman digunakan, kokoh, bisa didaur ulang, kualitas isi terjamin, melindungi dari lingkungan luar, kesederhanaan bentuk fisik, memiliki viii variasi kapasitas/ukuran, perpaduan variasi warna, gambar ilustrasi menarik, kelengkapan informasi produk, kemudahan dalam penyimpanan, dan mudah untuk dipegang. Rancangan desain baru kemasan susu pasteurisasi yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta dapat diterima oleh KAN Jabung, menggunakan bahan plastik HDPE (high-density polyethylene). Tampilan grafis yang lebih menarik dengan tampilan desain logo/merek Jab Milk yang menjadi lebih dominan, menggunakan perpaduan warna biru, biru muda, putih, dan hijau. Kemasan berbentuk botol yang memiliki dua varian kapasitas volume isi bersih 180 ml dan 250 ml