Hubungan Tingkat Kecanduan Game Online dengan Kualitas Tidur Mahasiswa FK UB Angkatan 2018-2019 selama Belajar Di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19

Main Authors: Christanti, Magdalena Ayu, Dr. Ns. Kumboyono, S.Kep., M.Kep., Sp.Kom., Ns. Akhiyan Hadi Susant, S.Kep., M.Biomed
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191231/1/Magdalena%20Ayu%20Christanti.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191231/
Daftar Isi:
  • Pada masa Pandemi Covid-19 sistem pembelajaran berubah menjadi online sehingga mahasiswa mulai mengalami masalah tidur salah satunya yaitu kualitas tidur buruk. Hal itu bisa terjadi karena rasa bosan dan tertekan akibat beban akademik yang banyak sehingga menyebabkan penurunan performa dan kesehatan. Selain itu, pembelajaran online juga menyebabkan peningkatan penggunaan internet salah satunya adalah aktivitas bermain game online yang tidak terkontrol hingga mengurangi waktu istirahat dan menurunkan kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat kecanduan game online dengan kualitas tidur mahasiswa selama belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan desain analisis observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 128 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Angkatan 2018-2019 (PSKED, PSIK, PSSF, PSIG, PSKB) dimana kuisioner disebarkan melalui perekrutan mahasiswa yang dikenal dari angkatan 2018 maupun 2019, komting masing-masing program studi, dan media sosial seperti Whatsapp/Group Whatsapp, dan Line yang diambil melalui teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner GAQ dan PSQI. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat kecanduan game online ringan (60,9%) dan kualitas tidur buruk (71,9%). Hasil uji statistik pearson menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan dan searah antara tingkat kecanduan game online dengan kualitas tidur mahasiswa dengan nilai korelasi pearson 0,362 dan Sig. (1-tailed) 0,000. Kesimpulan penelitian ini yaitu semakin berat tingkat kecanduan game online maka semakin buruk pula kualitas tidurnya. Dengan demikian mahasiswa dapat mengontrol penggunaan game online, memperbanyak kegiatan yang bermanfaat dan memprioritaskan kegiatan yang lebih penting, serta memilih teman bergaul yang tepat.