Hubungan Tingkat Kecanduan Game Online dengan Kualitas Tidur Mahasiswa FK UB Angkatan 2018-2019 selama Belajar Di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19

Main Authors: Christanti, Magdalena Ayu, Dr. Ns. Kumboyono, S.Kep., M.Kep., Sp.Kom., Ns. Akhiyan Hadi Susant, S.Kep., M.Biomed
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191231/1/Magdalena%20Ayu%20Christanti.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191231/
ctrlnum 191231
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191231/</relation><title>Hubungan Tingkat Kecanduan Game Online dengan Kualitas Tidur Mahasiswa FK UB Angkatan 2018-2019 selama Belajar Di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19</title><creator>Christanti, Magdalena Ayu</creator><creator>Dr. Ns. Kumboyono, S.Kep., M.Kep., Sp.Kom.</creator><creator>Ns. Akhiyan Hadi Susant, S.Kep., M.Biomed</creator><subject>610.73 Nursing and services of allied health personnel</subject><description>Pada masa Pandemi Covid-19 sistem pembelajaran berubah menjadi online sehingga mahasiswa mulai mengalami masalah tidur salah satunya yaitu kualitas tidur buruk. Hal itu bisa terjadi karena rasa bosan dan tertekan akibat beban akademik yang banyak sehingga menyebabkan penurunan performa dan kesehatan. Selain itu, pembelajaran online juga menyebabkan peningkatan penggunaan internet salah satunya adalah aktivitas bermain game online yang tidak terkontrol hingga mengurangi waktu istirahat dan menurunkan kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat kecanduan game online dengan kualitas tidur mahasiswa selama belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan desain analisis observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 128 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Angkatan 2018-2019 (PSKED, PSIK, PSSF, PSIG, PSKB) dimana kuisioner disebarkan melalui perekrutan mahasiswa yang dikenal dari angkatan 2018 maupun 2019, komting masing-masing program studi, dan media sosial seperti Whatsapp/Group Whatsapp, dan Line yang diambil melalui teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner GAQ dan PSQI. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat kecanduan game online ringan (60,9%) dan kualitas tidur buruk (71,9%). Hasil uji statistik pearson menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan dan searah antara tingkat kecanduan game online dengan kualitas tidur mahasiswa dengan nilai korelasi pearson 0,362 dan Sig. (1-tailed) 0,000. Kesimpulan penelitian ini yaitu semakin berat tingkat kecanduan game online maka semakin buruk pula kualitas tidurnya. Dengan demikian mahasiswa dapat mengontrol penggunaan game online, memperbanyak kegiatan yang bermanfaat dan memprioritaskan kegiatan yang lebih penting, serta memilih teman bergaul yang tepat.</description><date>2021-12-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191231/1/Magdalena%20Ayu%20Christanti.pdf</identifier><identifier> Christanti, Magdalena Ayu and Dr. Ns. Kumboyono, S.Kep., M.Kep., Sp.Kom. and Ns. Akhiyan Hadi Susant, S.Kep., M.Biomed (2021) Hubungan Tingkat Kecanduan Game Online dengan Kualitas Tidur Mahasiswa FK UB Angkatan 2018-2019 selama Belajar Di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0521060367</relation><identifier>0521060367</identifier><recordID>191231</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Christanti, Magdalena Ayu
Dr. Ns. Kumboyono, S.Kep., M.Kep., Sp.Kom.
Ns. Akhiyan Hadi Susant, S.Kep., M.Biomed
title Hubungan Tingkat Kecanduan Game Online dengan Kualitas Tidur Mahasiswa FK UB Angkatan 2018-2019 selama Belajar Di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19
publishDate 2021
isbn 9780521060363
topic 610.73 Nursing and services of allied health personnel
url http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191231/1/Magdalena%20Ayu%20Christanti.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191231/
contents Pada masa Pandemi Covid-19 sistem pembelajaran berubah menjadi online sehingga mahasiswa mulai mengalami masalah tidur salah satunya yaitu kualitas tidur buruk. Hal itu bisa terjadi karena rasa bosan dan tertekan akibat beban akademik yang banyak sehingga menyebabkan penurunan performa dan kesehatan. Selain itu, pembelajaran online juga menyebabkan peningkatan penggunaan internet salah satunya adalah aktivitas bermain game online yang tidak terkontrol hingga mengurangi waktu istirahat dan menurunkan kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat kecanduan game online dengan kualitas tidur mahasiswa selama belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan desain analisis observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 128 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Angkatan 2018-2019 (PSKED, PSIK, PSSF, PSIG, PSKB) dimana kuisioner disebarkan melalui perekrutan mahasiswa yang dikenal dari angkatan 2018 maupun 2019, komting masing-masing program studi, dan media sosial seperti Whatsapp/Group Whatsapp, dan Line yang diambil melalui teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner GAQ dan PSQI. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat kecanduan game online ringan (60,9%) dan kualitas tidur buruk (71,9%). Hasil uji statistik pearson menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan dan searah antara tingkat kecanduan game online dengan kualitas tidur mahasiswa dengan nilai korelasi pearson 0,362 dan Sig. (1-tailed) 0,000. Kesimpulan penelitian ini yaitu semakin berat tingkat kecanduan game online maka semakin buruk pula kualitas tidurnya. Dengan demikian mahasiswa dapat mengontrol penggunaan game online, memperbanyak kegiatan yang bermanfaat dan memprioritaskan kegiatan yang lebih penting, serta memilih teman bergaul yang tepat.
id IOS4666.191231
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-12-06T07:24:22Z
last_indexed 2022-12-06T07:24:22Z
recordtype dc
_version_ 1751456363369725952
score 17.538404