Pengaruh Strategi Branding Pada Produk pesenkopi. terhadap Niat Membeli Kembali
Main Authors: | Al Miftah, Amanda Rizka Rachmadhani, Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., M.BA, Dina Novia Priminingtyas,, SP., M.Si |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190693/1/AMANDA%20RIZKA%20RACHMADHANI%20AL%20MIFTAH.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190693/ |
ctrlnum |
190693 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190693/</relation><title>Pengaruh Strategi Branding Pada Produk pesenkopi.
terhadap Niat Membeli Kembali</title><creator>Al Miftah, Amanda Rizka Rachmadhani</creator><creator>Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., M.BA</creator><creator>Dina Novia Priminingtyas,, SP., M.Si</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Produk minuman kopi adalah produk yang sering dijual diberbagai daerah di
Indonesia, khususnya di Kota Malang. Hal tersebut diketahui dari banyaknya
bermunculan kedai-kedai seperti kafe dan warung kopi di daerah-daerah Kota Malang.
Salah satu kedai kopi yang masih bertahan sampai saat ini adalah pesenkopi. yang
sudah ada sejak tahun 2018. pesenkopi. merupakan kedai kopi yang pertama kali
mempopulerkan konsep sistem take away coffee di Kota Malang, dengan konsep
tersebut merek ini dapat menarik minat masyarakat dan terus mendapatkan respon yang
positif dari berbagai kalangan terutama dari kalangan mahasiswa. Semenjak saat itu
mulai bermunculan pesaing-pesaing baru dari merek pesenkopi., seperti KopiStudio24,
belikopi, Go.kopi., dan lain-lain. Merek pesenkopi., harus mempertahankan brand atau
merek yang mereka miliki dengan meningkatkan strategi branding serta agar
konsumen tidak beralih ke merek lain dan memiliki keinginan untuk membeli kembali
produk pesenkopi. Citra merek yang terbentuk dalam pikiran konsumen serta
kepercayaan merek juga merupakan hal yang penting untuk menimbulkan keinginan
konsumen dalam membeli kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh dari variabel strategi branding, citra merek dan kepercayaan merek terhadap
niat membeli kembali.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif untuk
menjelaskan hubungan antar variabel yang dilakukan melalui pengolahan data secara
statistik. Penelitian dilakukan di Kota Malang pada bulan Juni 2021. Sampel yang
dipilih adalah sebanyak 120 responden serta data dari responden dikumpulkan secara
online melalui Google Form. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation
Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan aplikasi WarpPLS.
Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa variabel strategi branding (β = 0,153
dan P = 0,04) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat membeli
kembali pada konsumen. Hal tersebut karena menurut konsumen nilai serta nama
merek yang dimiliki sudah sesuai dengan target konsumen dari pesenkopi. sehingga
dapat meningkatkan niat membeli kembali pada merek tersebut. Variabel lain, yaitu
variabel citra merek (β = 0,374 dan P < 0,01) juga memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap niat membeli kembali dari konsumen pesenkopi. Hal tersebut
karena citra merek positif dari pesenkopi. yang tertanam pada konsumen sehingga
menyebabkan adanya niat membeli kembali. Variabel kepercayaan merek (β = 0,442
dan P < 0,01) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat membeli
kembali dari konsumen. Hal ini terjadi dikarenakan konsumen mendapatkan
pengalaman yang baik, adanya rasa cocok antara konsumen dengan merek pesenkopi.,
serta persepsi konsumen mengenai pesenkopi. yang dapat memenuhi kebutuhan
mereka.
ii
Berdasarkan hasil dari penelitian, terdapat beberapa hal yang dapat disarankan.
Merek pesenkopi. dapat meningkatkan strategi branding salah satunya adalah dengan
cara melakukan rebranding. Peningkatan dalam strategi branding dari merek
pesenkopi. diharapkan dapat menjadi cara untuk meningkatkan daya saing merek.
Merek pesenkopi. juga diharapkan dapat terus meningkatkan hal yang disukai oleh
konsumen, mulai dari varian produk, harga serta lokasi-lokasi gerai dari pesenkopi.
Saran yang terakhir adalah pesenkopi. harus mempertahankan dan bahkan
meningkatkan kepercayaan merek dari konsumen dengan terus memastikan agar
konsumen mendapatkan pengalaman yang baik pada saat berinteraksi dengan
pesenkopi</description><date>2021-12-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190693/1/AMANDA%20RIZKA%20RACHMADHANI%20AL%20MIFTAH.pdf</identifier><identifier> Al Miftah, Amanda Rizka Rachmadhani and Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., M.BA and Dina Novia Priminingtyas,, SP., M.Si (2021) Pengaruh Strategi Branding Pada Produk pesenkopi. terhadap Niat Membeli Kembali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0521040192</relation><identifier>0521040192</identifier><recordID>190693</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Al Miftah, Amanda Rizka Rachmadhani Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., M.BA Dina Novia Priminingtyas,, SP., M.Si |
title |
Pengaruh Strategi Branding Pada Produk pesenkopi.
terhadap Niat Membeli Kembali |
publishDate |
2021 |
isbn |
9780521040198 |
topic |
338.1 Agriculture |
url |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190693/1/AMANDA%20RIZKA%20RACHMADHANI%20AL%20MIFTAH.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190693/ |
contents |
Produk minuman kopi adalah produk yang sering dijual diberbagai daerah di
Indonesia, khususnya di Kota Malang. Hal tersebut diketahui dari banyaknya
bermunculan kedai-kedai seperti kafe dan warung kopi di daerah-daerah Kota Malang.
Salah satu kedai kopi yang masih bertahan sampai saat ini adalah pesenkopi. yang
sudah ada sejak tahun 2018. pesenkopi. merupakan kedai kopi yang pertama kali
mempopulerkan konsep sistem take away coffee di Kota Malang, dengan konsep
tersebut merek ini dapat menarik minat masyarakat dan terus mendapatkan respon yang
positif dari berbagai kalangan terutama dari kalangan mahasiswa. Semenjak saat itu
mulai bermunculan pesaing-pesaing baru dari merek pesenkopi., seperti KopiStudio24,
belikopi, Go.kopi., dan lain-lain. Merek pesenkopi., harus mempertahankan brand atau
merek yang mereka miliki dengan meningkatkan strategi branding serta agar
konsumen tidak beralih ke merek lain dan memiliki keinginan untuk membeli kembali
produk pesenkopi. Citra merek yang terbentuk dalam pikiran konsumen serta
kepercayaan merek juga merupakan hal yang penting untuk menimbulkan keinginan
konsumen dalam membeli kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh dari variabel strategi branding, citra merek dan kepercayaan merek terhadap
niat membeli kembali.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif untuk
menjelaskan hubungan antar variabel yang dilakukan melalui pengolahan data secara
statistik. Penelitian dilakukan di Kota Malang pada bulan Juni 2021. Sampel yang
dipilih adalah sebanyak 120 responden serta data dari responden dikumpulkan secara
online melalui Google Form. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation
Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan aplikasi WarpPLS.
Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa variabel strategi branding (β = 0,153
dan P = 0,04) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat membeli
kembali pada konsumen. Hal tersebut karena menurut konsumen nilai serta nama
merek yang dimiliki sudah sesuai dengan target konsumen dari pesenkopi. sehingga
dapat meningkatkan niat membeli kembali pada merek tersebut. Variabel lain, yaitu
variabel citra merek (β = 0,374 dan P < 0,01) juga memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap niat membeli kembali dari konsumen pesenkopi. Hal tersebut
karena citra merek positif dari pesenkopi. yang tertanam pada konsumen sehingga
menyebabkan adanya niat membeli kembali. Variabel kepercayaan merek (β = 0,442
dan P < 0,01) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat membeli
kembali dari konsumen. Hal ini terjadi dikarenakan konsumen mendapatkan
pengalaman yang baik, adanya rasa cocok antara konsumen dengan merek pesenkopi.,
serta persepsi konsumen mengenai pesenkopi. yang dapat memenuhi kebutuhan
mereka.
ii
Berdasarkan hasil dari penelitian, terdapat beberapa hal yang dapat disarankan.
Merek pesenkopi. dapat meningkatkan strategi branding salah satunya adalah dengan
cara melakukan rebranding. Peningkatan dalam strategi branding dari merek
pesenkopi. diharapkan dapat menjadi cara untuk meningkatkan daya saing merek.
Merek pesenkopi. juga diharapkan dapat terus meningkatkan hal yang disukai oleh
konsumen, mulai dari varian produk, harga serta lokasi-lokasi gerai dari pesenkopi.
Saran yang terakhir adalah pesenkopi. harus mempertahankan dan bahkan
meningkatkan kepercayaan merek dari konsumen dengan terus memastikan agar
konsumen mendapatkan pengalaman yang baik pada saat berinteraksi dengan
pesenkopi |
id |
IOS4666.190693 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-12-06T07:23:55Z |
last_indexed |
2022-12-06T07:23:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456350295031808 |
score |
17.538404 |