Pengaruh E-Service Quality Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Pengguna Aplikasi Soco By Sociolla Di Jakarta)

Main Authors: Wardhani, Resita Kusuma, Dahlan Fanani,, Drs., MAB
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189853/1/175030207111069%20-%20RESITA%20KUSUMA%20WARDHANI.pdf
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189853/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh dari e-service quality terhadap customer satisfaction pada aplikasi SOCO by Sociolla. 2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari customer satisfaction terhadap customer loyalty pada aplikasi SOCO by Sociolla. 3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari e-service quality terhadap customer loyalty pada aplikasi SOCO by Sociolla. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi E-service Quality, Customer Loyalty, dan Customer Satisfaction. Populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi SOCO by Sociolla di Kota Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 responden dengan instrument penelitian kuesioner. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu pengguna aplikasi SOCO by Sociolla di kota Jakarta yang telah melakukan pembelian melalui aplikasi dalam kurun waktu 6 bulan dan berumur 18 tahun ke atas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa (1) E-service Quality (X) berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction (Z), (2) Customer Satisfaction (Z) berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty (Y), dan (3) E- service Quality (X) berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty (Y)