Pengaruh Logistics Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Serta Dampaknya Terhadap Customer Loyalty (Survei Pada Umkm Pengguna Aplikasi Paxel Same Day Delivery Di Kota Bogor)
Main Authors: | Ramadhan, Muhammad Anugrah, Andriani Kusumawati, S.Sos., M.Si, DBA. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189665/1/165030200111105%20-%20MUHAMMAD%20ANUGRAH%20RAMADHAN.pdf http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189665/ |
Daftar Isi:
- Kebutuhan akan layanan Same Day Delivery (SDD) terus meningkat seiring dengan pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Pertumbuhan UMKM yang menjual produk cold/frozen food membuat mereka membutuhkan arus barang cepat sampai pada pelanggan untuk menjaga kualitas produk mereka tetap baik. Paxel sebagai jasa logistik baru dalam industri logistik menawarkan layanan same day delivery hingga ke seluruh Indonesia dengan ongkos kirim flat. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada pengaruh dari kualitas layanan logistik Paxel terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah Logistics Service Quality, Customer Satisfaction, dan Customer Loyalty. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik dan pengelola UMKM di Kota Bogor yang menggunakan aplikasi Paxel Same Day Delivery. Penentuan jumlah responden pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini berbentuk survei online dengan menyebarkan kuesioner online kepada 116 responden UMKM pengguna aplikasi Paxel di Kota Bogor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur atau path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Logistics Service Quality berpengaruh secara signifikan terhadap Customer Satisfaction, Logistics Service Quality berpengaruh secara signifikan terhadap Customer Loyalty, dan Customer Satisfaction berpengaruh secara signifikan terhadap Customer Loyalty. Lebih lanjut lagi, dalam hasil penelitian dapat ditemukan bahwa Customer Satisfaction berhasil memediasi hubungan antara Logistics Service Quality dengan Customer Loyalty. Berdasarkan hasil penelitian, Paxel kota Bogor disarankan untuk meningkatkan penanganan produk yang salah kirim agar dapat meningkatkan kualitas layanan logistik dan memenuhi kapasitas logistik UMKM di Kota Bogor dalam mengirim barang kepada pelanggan mereka