Pengaruh Sustainable Marketing Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Pada Zero Waste Shop Di Jakarta

Main Authors: Ekawati, Aulia Dian, Febriananda Faizal,, SP., MP., Dr. Silvana Maulidah,, SP.,MP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/189319/1/175040107111032%20-%20Aulia%20Dian%20Ekawati.pdf
http://repository.ub.ac.id/189319/
Daftar Isi:
  • Akhir-akhir ini sedang terjadi perubahan pola hidup untuk menjadi pola hidup yang lebih sehat. Perubahan pola hidup juga mengakibatkan adanya pergeseran pola konsumsi sehingga menimbulkan peningkatan permintaan terhadap produk organik. Namun, pelaku usaha yang khusus bergerak dibidang tersebut belum banyak. Salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan peluang ini merupakan zero waste shop. Zero waste shop menjual produk organik yang berasal dari petani lokal, kemudian zero waste shop juga menawarkan pengalaman berbelanja yang unik karena konsumen dihimbau untuk membawa kemasan dari rumah sebelum melakukan pembelanjaan. Melalui zero waste shop selain dapat mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan akan tetapi juga mendukung gaya hidup yang berkelanjutan yang menggunakan produk lokal dan organik. Perusahaan dapat memanfaatkan strategi sustainable marketing atau pemasaran yang berkelanjutan untuk menarik lebih banyak minat beli konsumen terutama karena konsumen telah sadar akan produk ramah lingkungan. Oleh karena itu konsep sustainable marketing berpeluang untuk diterapkan pada bisnis di masa sekarang dengan orientasi keuntungan jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh sustainable marketing terhadap minat beli dan keputusan pembelian pada zero waste shop di Jakarta. Sebelumnya belum ada penelitian mengenai pengaruh sustainable marketing terhadap minat beli dan keputusan pembelian pada zero waste shop di Jakarta sehingga penelitian ini penting untuk dilakukan. Disamping itu juga terjadi perubahan pola pikir konsumen, produsen dan stake holder yang lebih memperhatikan isu lingkungan. Harapan dari penelitian ini adalah perusahaan dapat melihat aspek yang berpeluang dalam menarik minat beli konsumen kemudian merubah minat beli menjadi keputusan pembelian melalui strategi pemasaran yang efektif. Strategi penentuan sampel dilakukan dengan pendekatan nonprobabilty sampling menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Jumlah sampel minimal pada penelitian ini ditentukan oleh sepuluh kali banyaknya variabel laten yaitu sejumlah 60 responden. Namun seiring berjalannya penelitian untuk mendapatkan data yang valid dan reliabel maka peneliti menggunakan sampel sejumlah 93 responden selama Mei 2021 hingga Juni 2021 dengan menyebarkan kuesioner secara online. Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) melalui aplikasi WarpPLS 7.0 Version merupakan metode analisis dan aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis dalam penelitian ini variabel customer solution, customer cost, communication dan convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada zero waste shop di Jakarta dilihat melalui nilai path coeffcicient dan p valuenya. Kemudian variabel minat beli juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada zero waste shop di Jakarta ditinjau ii dari nilai nilai path coeffcicient dan p value. Terakhir, variabel minat beli terbukti menjadi variabel mediasi dalam hubungan variabel sustainable marketing dengan keputusan pembelian. Jenis variabel minat beli dalam variabel customer solution dan convenience merupakan mediasi total sedangkan minat beli dalam customer cost dan communication memiliki peran yang tidak memediasi.