Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Dalam Sustainable Marketing Terhadap Ekuitas Merek Dan Keputusan Pembelian Konsumen Sayurbox

Main Authors: Maulida, Dwi Laila, Dr.Dwi Retno Andriani,, SP., MP., Destyana Ellingga Pratiwi, SP.,MP.,MBA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/189028/1/175040100111054%20-%20Dwi%20Laila%20Maulida.pdf
http://repository.ub.ac.id/189028/
Daftar Isi:
  • Perusahaan dihadapkan dengan masalah lingkungan, sosial, teknologi, dan tren pasar yang kompleks dan unik. Sehingga perusahaan harus mampu memenuhi harapan konsumen terhadap prinsip keberlanjutan suatu perusahaan. Meskipun dalam menciptakan nilai keberlanjutan perusahaan dihadapkan dengan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan manfaat yang diterima. Banyak perusahaan yang telah menerapkan prinsip tersebut dengan mempertimbangkan penciptaan nilai di benak konsumen. Salah satu brand lokal yang telah menerapkan prinsip keberlanjutan adalah Sayurbox. Sayurbox menjadi salah satu start up yang bergerak dibidang pemasaran sayur maupun buah secara online menjadi cukup populer belakangan ini. Sayurbox berupaya untuk menjaga kualitas produk maupun pelayanan untuk menciptakan kepercayaan pelanggan. Sebab, meskipun telah menerapkan strategi sustainable marketing masih terdapat pelanggan yang mengajukan keluhan terhadap produk Sayurbox. Pemasaran berkelanjutan bukan hanya berorientasi pada profit saja melainkan juga pada lingkungan dan sosial. Implementasi strategi yang dilakukan diantaranya adalah memberdayakan petani lokal, produk ramah lingkungan, serta ikut serta dalam pelestarian lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh strategi sustainable marketing yang dilakukan oleh Sayurbox terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen. Penelitian dilakukan pada bulan April hingga Juni 2021 melalui penyebaran kuisioner secara online kepada konsumen Sayurbox. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 60 orang konsumen Sayurbox yang pernah membeli minimal sebanyak dua kali dan tinggal di Surabaya, Jakarta, dan Bali. Analisis data menggunakan metode SEM - PLS (Structural Equation Model – Partial Least Square) dan analisis deskriptif. Sebelumnya instrument penelitian akan di uji validitas dan juga reliabilitasnya untuk mengukur sejauh mana instrument dapat diandalkan dan menghasilkan data yang valid. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah WarpPLS 6.0. Variabel yang digunakan untuk menganalisis sustainable marketing pada penelitian ini adalah customer solution, customer cost, convenience, communication, dan co relation. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel customer solution memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek dengan nilai koefisien variabel sebesar 0,25 dan p value sebesar 0,02. Produk yang segar dan berkualitas serta kemasan yang ramah lingkungan menjadi salah satu pembentuk ekuitas merek pada Sayurbox dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sedangkan variabel customer cost tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen dengan nilai koefisien sebesar 0,09 dan p value sebesar 0,24. Harga yang dimiliki oleh Sayurbox lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasar sesuai dengan kualitas dan pelayanan yang diberikan. Meskipun potongan harga juga sering diberikan akan tetapi, hal tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen. Variabel convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel ekuitas merek dengan nilai koefisien variabelnya sebesar 0,22 dan p value sebesar 0,03. ii Berdasarkan jawaban konsumen lokasi yang dipilih oleh Sayurbox memang strategis serta ketersediaan produk juga dijamin setiap harinya akan tetapi, hal ini tidak menjadi variabel utama dalam ekuitas merek dan menjadi pertimbangan untuk keputusan pembelian konsumen. Sedangkan variabel communication memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen dengan nilai koefisien sebesar 0,22 dengan p value sebesar 0,04. Komunikasi melalui media sosial dinilai penting dalam pengenalan produk serta aksi lingkungan dan sosial yang telah dilakukan. Sehingga dapat berpengaruh terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen. Untuk Variabel co relation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen dengan nilai koefisien variabel sebesar 0,27 dan p value sebesar 0,01. Variabel co-relation memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan variabel lain dalam penelitian. Hal ini dikarenakan konsumen Sayurbox mengutamakan keramahan pelayanan serta menyediakan layanan pengembalian barang apabila tidak sesuai dengan pesanan. Kedua hal tersebut dinilai sangat penting terutama untuk penjualan produk secara online di masa pandemi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Sayurbox dengan nilai koefisien variabel nya sebesar 0,69 dan p value <0,01. Ekuitas merek yang dipengaruhi oleh sustainable marketing dapat meningkatkan nilai di benak pelanggan dan menjadi sebuah keunggulan yang kompetitif bagi perusahaan. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Sayurbox.