Pelaksanaa Pengawasan Terhadap Peredaran Liquid Rokok Elektrik Ilegal (Studi Di Wilayah Hukum Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang)
Main Authors: | Sijabat, Benny Richi Rifandi, Lutfi Effendi,, S.H., M.Hum., Dr. Dewi Cahyandari,, S.H., M.H |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/188839/1/165010101111154%20-%20Benny%20Richi%20Rifandi%20Sijabat%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/188839/ |
ctrlnum |
188839 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/188839/</relation><title>Pelaksanaa Pengawasan Terhadap
Peredaran Liquid Rokok Elektrik Ilegal (Studi Di Wilayah Hukum
Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Cukai
Malang)</title><creator>Sijabat, Benny Richi Rifandi</creator><creator>Lutfi Effendi,, S.H., M.Hum.</creator><creator>Dr. Dewi Cahyandari,, S.H., M.H</creator><subject>340 Law</subject><description>Pada skripsi ini penulisi mengangkat mengenai pengawasan terhadap
peredaran liquid rokok elektrik ilegal. Peraturan Menteri Keuangan Republik
Indonesia Nomor 146/PMK.10/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau
menyebutkan bahwa “Khusus untuk jenis HTPL, tarif cukai hasil tembakau
ditetapkan sebesar 57% (lima puluh tujuh persen) dari Harga Jual Eceran yang
diajukan oleh Pengusaha Pabrik hasil tembakau atau Importir tercantum dalam
Lampiran II yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini”.
Penerapan pada kewajiban pengenaan cukai sebesar 57% pada liquid rokok
elektrik sudah dilakukan di Kota Malang, hasilnya ditemukan liquid rokok elektrik
yang tidak memiliki pita cukai. Dalam hal ini penulis akan melihat pelaksanaan
pengawasan kewajiban pengenaan cukai sebesar 57% pada liquid rokok elektrik
ilegal di Kota Malang.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka permasalahan hukum
yang ditemukan dalam penelitian ini adalah mengapa pengawasan yang dilakukan
oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang
terhadap peredaran liquid rokok elektrik ilegal tidak efektif, apa saja hambatan
dan upaya yang dapat dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan
Cukai Tipe Madya Cukai Malang dalam melakukan pengawasan terhadap
peredaran liquid rokok elektrik ilegal di Kota Malang.
Untuk menjawab permasalahan di atas, penelitian yuridis empiris ini
dilakukan dengan metode pendekatan yuridis sosiologi. Sumber data primer yang
diperoleh dari hasil studi lapangan dan wawancara dengan staff bagian
pengawasan unit penindakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai
Tipe Madya Cukai Malang, staff seksi penyuluhan dan layanan informasi Kantorvi
Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang, pelaku usaha
dan konsumen rokok elektrik. Sumber data sekunder seperti kepustakaan,
peraturan perundang-undangan dan artikel yang berkaitan dengan pengawasan
peredaran liquid rokok elektrik ilegal yang dapat dijadikan rujukan dalam
menyelesaikan permasalahan hukum yang menjadi obyek penelitain.
Berdasarkan pembahasan, dapat disimpulkan : 1) Pelaksanaan
Pengawasan yang dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan
Cukai Tipe Madya Cukai Malang terhadap peredaran liquid rokok elektrik ilegal
tidak berjalan dengan efektif karena peredaran liquid rokok elektrik ilegal masih
saja berlaku dan beberapa faktor yang tidak dipenuhi dengan baik dalam teori
efektifitas hukum yaitu faktor struktur hukum dan fakor budaya hukum. 2)
Hambatan dan Upaya yang dilakukan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan
Cukai Tipe Madya Cukai Malang yang pertama hambatan internal, yaitu Kantor
Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang tidak memiliki
alat untuk memeriksa secara langsung di lapangan apabila ada dugaan liquid rokok
elektrik ilegal yang ada kandungan nikotin dan Pengawasan terhadap penjualan
liquid rokok elektrik ilegal sulit diawasi peredarannya. Kedua, hambatan eksternal
yaitu masih banyak perusahaan dan masyarakat yang belum mengetahui tentang
produk-produk apa saja yang dikenakan cukai dan masyarakat belum mengetahui
terkait peraturan mengenai penenaan cukai terhadap liquid rokok elektrik. Upaya
yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu pertama,
melakukan sosialisasi dan mengusulkan agar Kantor Pengawasan dan Pelayanan
Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang menyediakan alat untuk memeriksa
secara langsung di lapangan. Kedua, melakukan sosialisasi kepada perusahaan
dan masyarakat bahwa terhadap liquid rokok elektrik yang mengandung cukai
merupakan barang yang kena cukai.</description><date>2021-06-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/188839/1/165010101111154%20-%20Benny%20Richi%20Rifandi%20Sijabat%282%29.pdf</identifier><identifier> Sijabat, Benny Richi Rifandi and Lutfi Effendi,, S.H., M.Hum. and Dr. Dewi Cahyandari,, S.H., M.H (2021) Pelaksanaa Pengawasan Terhadap Peredaran Liquid Rokok Elektrik Ilegal (Studi Di Wilayah Hukum Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>0521010113</relation><recordID>188839</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sijabat, Benny Richi Rifandi Lutfi Effendi,, S.H., M.Hum. Dr. Dewi Cahyandari,, S.H., M.H |
title |
Pelaksanaa Pengawasan Terhadap
Peredaran Liquid Rokok Elektrik Ilegal (Studi Di Wilayah Hukum
Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Cukai
Malang) |
publishDate |
2021 |
isbn |
1650101011111 |
topic |
340 Law |
url |
http://repository.ub.ac.id/188839/1/165010101111154%20-%20Benny%20Richi%20Rifandi%20Sijabat%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/188839/ |
contents |
Pada skripsi ini penulisi mengangkat mengenai pengawasan terhadap
peredaran liquid rokok elektrik ilegal. Peraturan Menteri Keuangan Republik
Indonesia Nomor 146/PMK.10/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau
menyebutkan bahwa “Khusus untuk jenis HTPL, tarif cukai hasil tembakau
ditetapkan sebesar 57% (lima puluh tujuh persen) dari Harga Jual Eceran yang
diajukan oleh Pengusaha Pabrik hasil tembakau atau Importir tercantum dalam
Lampiran II yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini”.
Penerapan pada kewajiban pengenaan cukai sebesar 57% pada liquid rokok
elektrik sudah dilakukan di Kota Malang, hasilnya ditemukan liquid rokok elektrik
yang tidak memiliki pita cukai. Dalam hal ini penulis akan melihat pelaksanaan
pengawasan kewajiban pengenaan cukai sebesar 57% pada liquid rokok elektrik
ilegal di Kota Malang.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka permasalahan hukum
yang ditemukan dalam penelitian ini adalah mengapa pengawasan yang dilakukan
oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang
terhadap peredaran liquid rokok elektrik ilegal tidak efektif, apa saja hambatan
dan upaya yang dapat dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan
Cukai Tipe Madya Cukai Malang dalam melakukan pengawasan terhadap
peredaran liquid rokok elektrik ilegal di Kota Malang.
Untuk menjawab permasalahan di atas, penelitian yuridis empiris ini
dilakukan dengan metode pendekatan yuridis sosiologi. Sumber data primer yang
diperoleh dari hasil studi lapangan dan wawancara dengan staff bagian
pengawasan unit penindakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai
Tipe Madya Cukai Malang, staff seksi penyuluhan dan layanan informasi Kantorvi
Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang, pelaku usaha
dan konsumen rokok elektrik. Sumber data sekunder seperti kepustakaan,
peraturan perundang-undangan dan artikel yang berkaitan dengan pengawasan
peredaran liquid rokok elektrik ilegal yang dapat dijadikan rujukan dalam
menyelesaikan permasalahan hukum yang menjadi obyek penelitain.
Berdasarkan pembahasan, dapat disimpulkan : 1) Pelaksanaan
Pengawasan yang dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan
Cukai Tipe Madya Cukai Malang terhadap peredaran liquid rokok elektrik ilegal
tidak berjalan dengan efektif karena peredaran liquid rokok elektrik ilegal masih
saja berlaku dan beberapa faktor yang tidak dipenuhi dengan baik dalam teori
efektifitas hukum yaitu faktor struktur hukum dan fakor budaya hukum. 2)
Hambatan dan Upaya yang dilakukan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan
Cukai Tipe Madya Cukai Malang yang pertama hambatan internal, yaitu Kantor
Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang tidak memiliki
alat untuk memeriksa secara langsung di lapangan apabila ada dugaan liquid rokok
elektrik ilegal yang ada kandungan nikotin dan Pengawasan terhadap penjualan
liquid rokok elektrik ilegal sulit diawasi peredarannya. Kedua, hambatan eksternal
yaitu masih banyak perusahaan dan masyarakat yang belum mengetahui tentang
produk-produk apa saja yang dikenakan cukai dan masyarakat belum mengetahui
terkait peraturan mengenai penenaan cukai terhadap liquid rokok elektrik. Upaya
yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu pertama,
melakukan sosialisasi dan mengusulkan agar Kantor Pengawasan dan Pelayanan
Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang menyediakan alat untuk memeriksa
secara langsung di lapangan. Kedua, melakukan sosialisasi kepada perusahaan
dan masyarakat bahwa terhadap liquid rokok elektrik yang mengandung cukai
merupakan barang yang kena cukai. |
id |
IOS4666.188839 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-02-07T03:28:29Z |
last_indexed |
2022-02-07T03:28:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456330968727552 |
score |
17.538404 |