Pengaruh Kualitas Layanan SAMSAT On The Spot Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Pengguna Layanan SAMSAT On The Spot di Wilayah Malang Utara Kabupaten Malang)

Main Authors: Ferdianti, Siti Fauzia, Alfi Haris Wanto, Dr., M.AP., MMG, Trisnawati, S.Sos., M.AP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188432/1/SITI%20FAUZIA%20FERDIANTI.pdf
http://repository.ub.ac.id/188432/
Daftar Isi:
  • Layanan SAMSAT On The Spot (SOS) merupakan salah satu layanan unggulan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang merupakan layanan jemput bola dengan sasaran utama adalah perusahaan besar, lembaga/instansi pemerintah, serta perguruan tinggi di wilayah Malang Utara dan Batu Kota. Dengan adanya pelayanan “SAMSAT on The Spot” ini, dinilai menjadi layanan yang unik dan kreatif yang dapat merubah paradigma atau pandangan masyarakat bahwa pelayanan publik tidak harus diberikan di kantor pemberi layanan, tetapi petugas pemberi layanan yang mendatangi lokasi wajib pajak pada waktu dan lokasi yang sudah ditentukan dan disepakati bersama dengan mitra kerja. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui apakah layanan SAMSAT On The Spot yang mempunyai tagline “Solusi Orang Sibuk” ini memilki kualitas layanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linear sederhana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dari pengguna layanan SAMSAT On The Spot di Wilayah Malang Utara. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuisoner yang telah disebarkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat. Hasil R Square ditemukan bahwa pengaruh kualitas layanan SAMSAT On The Spot terhadap kepuasan masyarakat dapat dijelaskan sebesar 0,504 atau 50,4 %. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat dengan interval koefisien 0,40 – 0,599 yang masuk dalam kategori sedang. Sedangkan sisannya 0.496 atau 49,6 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini.