Pengaruh Kualitas Layanan SAMSAT On The Spot Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Pengguna Layanan SAMSAT On The Spot di Wilayah Malang Utara Kabupaten Malang)
Main Authors: | Ferdianti, Siti Fauzia, Alfi Haris Wanto, Dr., M.AP., MMG, Trisnawati, S.Sos., M.AP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/188432/1/SITI%20FAUZIA%20FERDIANTI.pdf http://repository.ub.ac.id/188432/ |
ctrlnum |
188432 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/188432/</relation><title>Pengaruh Kualitas Layanan SAMSAT On The Spot
Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Pengguna Layanan SAMSAT On
The Spot di Wilayah Malang Utara Kabupaten Malang)</title><creator>Ferdianti, Siti Fauzia</creator><creator>Alfi Haris Wanto, Dr., M.AP., MMG</creator><creator>Trisnawati, S.Sos., M.AP.</creator><subject>351 Public administration</subject><description>Layanan SAMSAT On The Spot (SOS) merupakan salah satu layanan unggulan
pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang merupakan layanan jemput bola
dengan sasaran utama adalah perusahaan besar, lembaga/instansi pemerintah, serta
perguruan tinggi di wilayah Malang Utara dan Batu Kota. Dengan adanya pelayanan
“SAMSAT on The Spot” ini, dinilai menjadi layanan yang unik dan kreatif yang
dapat merubah paradigma atau pandangan masyarakat bahwa pelayanan publik tidak
harus diberikan di kantor pemberi layanan, tetapi petugas pemberi layanan yang
mendatangi lokasi wajib pajak pada waktu dan lokasi yang sudah ditentukan dan
disepakati bersama dengan mitra kerja. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui
apakah layanan SAMSAT On The Spot yang mempunyai tagline “Solusi Orang
Sibuk” ini memilki kualitas layanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat.
Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linear
sederhana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden
yang diambil dari pengguna layanan SAMSAT On The Spot di Wilayah Malang
Utara. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban
responden atas kuisoner yang telah disebarkan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat. Hasil R Square ditemukan bahwa
pengaruh kualitas layanan SAMSAT On The Spot terhadap kepuasan masyarakat
dapat dijelaskan sebesar 0,504 atau 50,4 %. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh
kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat dengan interval koefisien 0,40 –
0,599 yang masuk dalam kategori sedang. Sedangkan sisannya 0.496 atau 49,6 %
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini.</description><date>2019-07-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/188432/1/SITI%20FAUZIA%20FERDIANTI.pdf</identifier><identifier> Ferdianti, Siti Fauzia and Alfi Haris Wanto, Dr., M.AP., MMG and Trisnawati, S.Sos., M.AP. (2019) Pengaruh Kualitas Layanan SAMSAT On The Spot Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Pengguna Layanan SAMSAT On The Spot di Wilayah Malang Utara Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>051903</relation><recordID>188432</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ferdianti, Siti Fauzia Alfi Haris Wanto, Dr., M.AP., MMG Trisnawati, S.Sos., M.AP. |
title |
Pengaruh Kualitas Layanan SAMSAT On The Spot
Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Pengguna Layanan SAMSAT On
The Spot di Wilayah Malang Utara Kabupaten Malang) |
publishDate |
2019 |
topic |
351 Public administration |
url |
http://repository.ub.ac.id/188432/1/SITI%20FAUZIA%20FERDIANTI.pdf http://repository.ub.ac.id/188432/ |
contents |
Layanan SAMSAT On The Spot (SOS) merupakan salah satu layanan unggulan
pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang merupakan layanan jemput bola
dengan sasaran utama adalah perusahaan besar, lembaga/instansi pemerintah, serta
perguruan tinggi di wilayah Malang Utara dan Batu Kota. Dengan adanya pelayanan
“SAMSAT on The Spot” ini, dinilai menjadi layanan yang unik dan kreatif yang
dapat merubah paradigma atau pandangan masyarakat bahwa pelayanan publik tidak
harus diberikan di kantor pemberi layanan, tetapi petugas pemberi layanan yang
mendatangi lokasi wajib pajak pada waktu dan lokasi yang sudah ditentukan dan
disepakati bersama dengan mitra kerja. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui
apakah layanan SAMSAT On The Spot yang mempunyai tagline “Solusi Orang
Sibuk” ini memilki kualitas layanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat.
Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linear
sederhana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden
yang diambil dari pengguna layanan SAMSAT On The Spot di Wilayah Malang
Utara. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban
responden atas kuisoner yang telah disebarkan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat. Hasil R Square ditemukan bahwa
pengaruh kualitas layanan SAMSAT On The Spot terhadap kepuasan masyarakat
dapat dijelaskan sebesar 0,504 atau 50,4 %. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh
kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat dengan interval koefisien 0,40 –
0,599 yang masuk dalam kategori sedang. Sedangkan sisannya 0.496 atau 49,6 %
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini. |
id |
IOS4666.188432 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2022-02-07T03:27:53Z |
last_indexed |
2022-02-07T03:27:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751456323596189696 |
score |
17.538404 |