Pengaruh Kualitas Layanan SAMSAT On The Spot Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Pengguna Layanan SAMSAT On The Spot di Wilayah Malang Utara Kabupaten Malang)

Main Authors: Ferdianti, Siti Fauzia, Alfi Haris Wanto, Dr., M.AP., MMG, Trisnawati, S.Sos., M.AP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188432/1/SITI%20FAUZIA%20FERDIANTI.pdf
http://repository.ub.ac.id/188432/
ctrlnum 188432
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/188432/</relation><title>Pengaruh Kualitas Layanan SAMSAT On The Spot&#xD; Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Pengguna Layanan SAMSAT On&#xD; The Spot di Wilayah Malang Utara Kabupaten Malang)</title><creator>Ferdianti, Siti Fauzia</creator><creator>Alfi Haris Wanto, Dr., M.AP., MMG</creator><creator>Trisnawati, S.Sos., M.AP.</creator><subject>351 Public administration</subject><description>Layanan SAMSAT On The Spot (SOS) merupakan salah satu layanan unggulan&#xD; pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang merupakan layanan jemput bola&#xD; dengan sasaran utama adalah perusahaan besar, lembaga/instansi pemerintah, serta&#xD; perguruan tinggi di wilayah Malang Utara dan Batu Kota. Dengan adanya pelayanan&#xD; &#x201C;SAMSAT on The Spot&#x201D; ini, dinilai menjadi layanan yang unik dan kreatif yang&#xD; dapat merubah paradigma atau pandangan masyarakat bahwa pelayanan publik tidak&#xD; harus diberikan di kantor pemberi layanan, tetapi petugas pemberi layanan yang&#xD; mendatangi lokasi wajib pajak pada waktu dan lokasi yang sudah ditentukan dan&#xD; disepakati bersama dengan mitra kerja. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui&#xD; apakah layanan SAMSAT On The Spot yang mempunyai tagline &#x201C;Solusi Orang&#xD; Sibuk&#x201D; ini memilki kualitas layanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah&#xD; untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat.&#xD; Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linear&#xD; sederhana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden&#xD; yang diambil dari pengguna layanan SAMSAT On The Spot di Wilayah Malang&#xD; Utara. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban&#xD; responden atas kuisoner yang telah disebarkan.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara&#xD; kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat. Hasil R Square ditemukan bahwa&#xD; pengaruh kualitas layanan SAMSAT On The Spot terhadap kepuasan masyarakat&#xD; dapat dijelaskan sebesar 0,504 atau 50,4 %. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh&#xD; kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat dengan interval koefisien 0,40 &#x2013;&#xD; 0,599 yang masuk dalam kategori sedang. Sedangkan sisannya 0.496 atau 49,6 %&#xD; dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini.</description><date>2019-07-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/188432/1/SITI%20FAUZIA%20FERDIANTI.pdf</identifier><identifier> Ferdianti, Siti Fauzia and Alfi Haris Wanto, Dr., M.AP., MMG and Trisnawati, S.Sos., M.AP. (2019) Pengaruh Kualitas Layanan SAMSAT On The Spot Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Pengguna Layanan SAMSAT On The Spot di Wilayah Malang Utara Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>051903</relation><recordID>188432</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ferdianti, Siti Fauzia
Alfi Haris Wanto, Dr., M.AP., MMG
Trisnawati, S.Sos., M.AP.
title Pengaruh Kualitas Layanan SAMSAT On The Spot Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Pengguna Layanan SAMSAT On The Spot di Wilayah Malang Utara Kabupaten Malang)
publishDate 2019
topic 351 Public administration
url http://repository.ub.ac.id/188432/1/SITI%20FAUZIA%20FERDIANTI.pdf
http://repository.ub.ac.id/188432/
contents Layanan SAMSAT On The Spot (SOS) merupakan salah satu layanan unggulan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang merupakan layanan jemput bola dengan sasaran utama adalah perusahaan besar, lembaga/instansi pemerintah, serta perguruan tinggi di wilayah Malang Utara dan Batu Kota. Dengan adanya pelayanan “SAMSAT on The Spot” ini, dinilai menjadi layanan yang unik dan kreatif yang dapat merubah paradigma atau pandangan masyarakat bahwa pelayanan publik tidak harus diberikan di kantor pemberi layanan, tetapi petugas pemberi layanan yang mendatangi lokasi wajib pajak pada waktu dan lokasi yang sudah ditentukan dan disepakati bersama dengan mitra kerja. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui apakah layanan SAMSAT On The Spot yang mempunyai tagline “Solusi Orang Sibuk” ini memilki kualitas layanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linear sederhana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dari pengguna layanan SAMSAT On The Spot di Wilayah Malang Utara. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuisoner yang telah disebarkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat. Hasil R Square ditemukan bahwa pengaruh kualitas layanan SAMSAT On The Spot terhadap kepuasan masyarakat dapat dijelaskan sebesar 0,504 atau 50,4 %. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan masyarakat dengan interval koefisien 0,40 – 0,599 yang masuk dalam kategori sedang. Sedangkan sisannya 0.496 atau 49,6 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini.
id IOS4666.188432
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2022-02-07T03:27:53Z
last_indexed 2022-02-07T03:27:53Z
recordtype dc
_version_ 1751456323596189696
score 17.538404