Analisa Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Nilai Dirasakan terhadap Kepuasan dan Dampaknya terhadap Kesetiaan Pelanggan dengan Orientasi Pelanggan sebagai Moderasi (Studi pada Kendaraan Berbiaya Murah dan Ramah Lingkungan di Jakarta)
Main Authors: | Wibisono, -, Prof. Dr. Surachman,, SE., MSIE.,, Ainur Rofiq, SKom.,, SE., MM., Ph.D.,, Drs. Sunaryo,, M.Si., Ph.D., |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/188111/1/Wibisono.pdf http://repository.ub.ac.id/188111/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada pengguna kendaraan kendaraan nasional bermotor berbahan bakar hemat dan harga terjangkau (KBH2) di Indonesia. Variabel-variabel yang muncul diduga mempengaruhi kepuasan, merupakan variabel dari hasil kondisi lapangan. Variabel-variabel tersebut adalah kualitas produk, kualitas layanan, dan nilai dirasakan. Penelitian ini sekaligus menganalisa pengaruh kepuasan terhadap kesetiaan, dengan menambahkan variabel orientasi pelanggan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini mencoba untuk membangun model penelitian industri kendaraan nasional berbiaya murah dan ramah lingkungan yang belum banyak studi meneliti industri tersebut, sehingga hasil dari penelitian ini secara praktis diharapkan dapat membantu dalam memberikan masukkan kepada pemerintah Indonesia dalam rangka membangun kendaraan nasional buatan dalam negeri. Secara teoretis hasil penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan melengkapi ilmu pengetahuan dibidang pemasaran, terutama teori mengenai orientasi pelanggan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi para akdemisi dan praktisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel yang digunakan adalah sebanyak 375 responden, yang merupakan pembeli dan pengguna kendaraan roda empat berbahan bakar hemat dan harga terjangkau. Teknik penarikan sampel yang dilakukan adalah dengan non-probability sampling menggunakan metode purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan metode Structural Equation Modelling-Partial Least Square, dengan software digunakan adalah WarpPLS 6.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas layanan, dan nilai dirasakan terbukti secara empiris berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan, kemudian kepuasan terbukti secara empiris berpengaruh secara signifikan terhadap kesetiaan. Penelitian ini juga menghasilkan temuan dimana orientasi pelanggan tidak memoderasi pengaruh kepuasan terhadap kesetiaan pelanggan. Penelitian ini diharapkan memberikan masukkan bahwa dengan tingkat kandungan dalam negeri pada kendaraan nasional berbahan bakar hemat dan harga terjangkau sudah mencapai di atas 80%, Indonesia mampu untuk mandiri pada persaingan industri kendaraan roda empat di Indonesia.