Pengaruh Intensitas Dalam Mengakses Media Sosial Twitter Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kecantikan Pada Followers Akun @Skincarefess

Main Author: Ramadhanti, Roweina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/186858/1/Roweina%20Ramadhanti.pdf
http://repository.ub.ac.id/186858/
Daftar Isi:
  • Pada zaman ini teknologi sangat berkembang dengan sangat pesat. Perubahan pun terjadi termasuk dalam mencari dan mendapatkan suatu informasi. Pentingnya informasi menjadi kebutuhan pokok, di mana pun dan kapan pun masyarakat akan membutuhkan informasi. Saat ini informasi sangat dibutuhkan untuk menunjang keseharian sebagai makhluk sosial. Dalam pencarian informasi merupakan bagaimana seseorang berperilaku dalam memperoleh informasi karena adanya kebutuhan atau motif yang ingin dipenuhi, maka hal ini yang mendorong seseorang aktif menggunakan media sosial. Pada teori Uses and Gratification (U&G) pengguna media memainkan peran penting dan aktif untuk memilih media yang diinginkan untuk memenuhi kebutuhannya. Teori ini yang nantinya menjadi gambaran proses pemenuhan kebutuhan yakni bagaimana pengunaan media dapat memberikan kepuasan pada khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada pengaruh intensitas pada media sosial Twitter akun @skincarefess terhadap pemenuhahan kebutuhan informasi kecantikan. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah Intensitas (X) dengan indikator perhatian, penghayatan, durasi dan frekuensi yang di uji seberapa besar pengaruhnya terhadap variabel dependen yaitu Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Y) dengan indikator kebutuhan kongnitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi personal, kebutuhan integrasi sosial dan kebutuhan pelepasan. Populasi penelitian ini sebanyak 100 dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Intensitas mengakses akun Twitter @skincarefess pada followers berpengaruh signifikan terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi kecantikan sebesar 0,426 dengan presentase 42.6%.