Perumusan Strategi Pemasaran Produk Ricebox PT. Karya Nakamse Ceria Berdasarkan Pendekatan Marketing Mix dan Porter’s Five Forces
Main Author: | Tri Loka, Anggara Hario Prabowo Hamengku |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/186156/1/ANGGARA%20HARIO%20PRABOWO%20HAMENGKU%20TRI%20LOKA.pdf http://repository.ub.ac.id/186156/ |
Daftar Isi:
- PT. Karya Nakamse Ceria merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang food and beverages. Perusahaan ini berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur. Perusahaan ini menawarkan produk berupa ricebox yang diberi nama Nakamse. Ricebox Nakamse memiliki dua cabang yang ada di Kota Malang, yaitu Store Semanggi dan Store Dempo. Wabah pandemi covid-19 yang terjadi secara global mengakibatkan penjualan ricebox Nakamse menurun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan Nakamse berdasarkan pendekatan Marketing Mix dan Porter’s Five Forces. Penelitian ini mempergunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan QSPM untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Penelitian dimulai dengan mengidentifikasi dan mengukur faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran perusahaan. Data- data tersebut selanjutnya diolah menggunakan bantuan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE). Kemudian untuk mencocokkan alternatif strategi yang sesuai, penelitian ini menggunakan matriks Internal-External (IE) dan matriks StrengthsWeaknesses-Opportunities-Threats (SWOT). Tahap yang terakhir, untuk menentukan alternatif strategi yang paling direkomendasikan, penelitian ini menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat 29 faktor yang mempengaruhi PT. Karya Nakamse Ceria, mencakup 17 faktor internal dan 12 faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari kekuatan yang berjumlah 10 faktor dan kelemahan yang berjumlah 7 faktor. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi PT. Karya Nakamse Ceria terdiri dari peluang yang berjumlah 6 faktor dan ancaman yang berjumlah 6 faktor. Nilai yang didapatkan untuk matriks IFE PT. Karya Nakamse Ceria adalah 3,3877, sedangkan nilai yang didapatkan untuk matriks EFE PT. Karya Nakamse Ceria adalah 2,5276. Berdasarkan kondisi internal dan eksternal yang sudah diidentifikasi, terdapat lima belas strategi yang dirumuskan. Lima belas strategi tersebut dihasilkan berdasarkan Matriks SWOT dengan acuan posisi perusahaan berdasarkan Matriks IE. Berdasarkan pemilihan strategi menggunakan QSPM, didapatkan lima strategi yang direkomendasikan untuk PT. Karya Nakamse Ceria. Lima strategi pemasaran tersebut adalah membuat jadwal rutin promosi menggunakan social media dengan tampilan yang menarik, mengadakan membership atau loyalty card untuk konsumen, melakukan riset terhadap pihak ketiga sebagai media endorsement serta merekrut brand ambassador, membuat penawaran bagi pelanggan yang menggunggah produk ke social media, dan mengadakan kegiatan open kitchen