Perancangan Desain Kemasan Primer Produk Kopi Gula Semut (Coffeepalma) Inovatif di UMKM Rawayatha Blitar

Main Author: Amri, Muhammad Rifki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/185927/1/-%20Muhammad%20Rifki%20Amri.pdf
http://repository.ub.ac.id/185927/
Daftar Isi:
  • UMKM Rawayatha Blitar mencoba untuk memproduksi produk diversifikasi dari produk kopi yaitu kopi gula semut yang bertujuan untuk menawarkan variasi baru dari produk kopi. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Rawayatha Blitar dalam pembuatan produk tersebut yaitu kurangnya pengetahuan dalam mendesain kemasan yang dapat menarik perhatian konsumen. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan perancangan desain kemasan dengan menggunakan metode Kansei Engineering. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain kemasan kopi gula semut berdasarkan keinginan konsumen. Penelitian ini menggunakan 20 kata kansei, 16 sampel, 30 responden, 5 elemen desain, dan 14 sub elemen desain. Berdasarkan nilai importance value secara keseluruhan desain kemasan yang disukai konsumen secara berurutan ditentukan oleh elemen desain bentuk (31,323%), label (25,659%), warna (19,655%), bahan (16,504%), dan logo (6,589%). Kombinasi kemasan yang paling disukai konsumen adalah kombinasi 1, faktor 1. Kombinasi tersebut adalah kemasan kopi gula semut dengan bentuk sachet, label dengan digital printing, mengandung banyak warna, berbahan alumunium foil, dan berlogo logotype yang digambarkan oleh kata kansei unik, mencolok, warna terang, dan menarik. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu, memperbaiki kekurangan penelitian ini dan dilanjutkan dengan melakukan perkiraan analisis biaya pembuatan desain kemasan.