Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Pada Pelayanan Wisata Edukasi CV Bagus Agriseta Mandiri Dengan Metode Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis
Main Author: | Rahayu Maria Ulfa, Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/185228/1/SRI%20RAHAYU%20MARIA%20ULFA.pdf http://repository.ub.ac.id/185228/ |
Daftar Isi:
- CV Bagus Agriseta Mandiri merupakan home industry yang berdiri pada tahun 2001 yang berlokasi Jl.Kopral Kasdi 02 Bumiaji kota Batu. Perusahaan ini bergerak dalam bidang industry makanan ringan yang mengolah bahan baku berupa apel yang cukup melimpah di Kota Batu sebagai makanan ringan yang lebih berdaya guna tinggi dan nilai ekonomis yang lebih meningkat. Tahun 2012 CV Bagus Agriseta Mandiri mengembangkan usahanya dengan mendirikan tempat wisata edukasi. Wisata edukasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal pengolahan produk yang diproduksinya, dimana dalam wisata edukasi tersebut pengunjung dapat melihat proses pembuatan produk dari CV Bagus Agriseta Mandiri. Namun, pada wisata edukasi tersebut masih memiliki beberapa keluhan dari pengunjung menurut survei yang telah dilakukan, selain itu dari berdirinya wisata edukasi ini pihak pengelola wisata belum pernah melakukan survei kepuasan pengunjung sehingga pihak wisata kurang mengetahui pelayanan seperti apa yang dibutuhkan oleh pengunjung dan pelayanan mana yang masih memiliki kekurangan berdasarkan penilaian pengunjung wisata. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini ialah menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap kualitas pelayanan Wisata Edukasi CV Bagus Agriseta Mandiri dan dilakukan pengujian Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui atribut apa saja yang menjadi prioritas perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Wisata Edukasi CV Bagus Agriseta Mandiri. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui teknik komunikasi dengan menggunakan kuesioner, kuesioner tersebut diberikan kepada 84 responden pengunjung Wisata Edukasi CV Bagus Agriseta Mandiri. Berdasarkan analisis tingkat kepuasan pengunjung pada kualitas pelayanan Wisata Edukasi CV Bagus Agriseta Mandiri menggunakan CSI, didapatkan nilai CSI sebesar 67,4%. Nilai tersebut berada pada interval 61% - 80% yang berarti pengunjung merasa “Puas” terhadap kinerja pelayanan Wisata Edukasi CV Bagus Agriseta Mandiri, namun nilai tersebut berada pada rentang bawah dari kriteria puas sehingga pihak manajemen diharapkan dapat lebih fokus pada perbaikan kinerja pelayanan wisata. Atribut yang menjadi prioritas perbaikan kualitas pelayanan Wisata Edukasi CV Bagus Agriseta Mandiri adalah kebun apel yang bersih dan terawat dengan baik (B4), luasnya tempat belanja pada CV Bagus Agriseta Mandiri (B5), kemudahaan pengunjung menemukan produk yang dicari (K9), kecepatan petugas kasir dalam melayani transaksi pembelian produk oleh pengunjung (D4), keamanan tempat parkir di sekitar perusahaan (J6). Rekomendasi perbaikan yang diberikan kepada pihak pengelola ialah melakukan controlling secara rutin pada kebun apel dan membuat checklist kebersihan dan perawatan kebun apel, melakukan relayout toko, melakukan pengelompokkan jenis produk untuk dan diberikan label jenis produk di setiap rak, penambahan operator kasir bagian pengemasan dan menerapkan sistem self chekout untuk pembayaran non-tunai, membuat paguyuban parkir yang menghimpun pemilik lahan parkir dalam bentuk kerja sama dan memberikan desain layout tempat parkirnya.