Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas X Bahasa di SMA Negeri Jogoroto

Main Author: Pradana, Kevin Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184914/1/Kevin%20Wahyu%20Pradana.pdf
http://repository.ub.ac.id/184914/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas X Bahasa di SMA Negeri Jogoroto ditinjau dari hasil peserta didik dan respon peserta didik. Peneliti mengkaji berdasarkan teori evaluasi pembelajaran, pembelajaran daring dan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Shot Case Study. Penelitian ini menggunakan hasil nilai peserta didik dan menggunakan kuesioner untuk melihat respon peserta didik yang akan dianalisis menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian ini adalah membuktikan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz dalam evaluasi pembelajaran efektif, hal ini dilihat dari nilai hasil peserta didik yang memperoleh lebih dari 75 persen responden memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 80 (≥80) sehingga dinnyatakan bahwa pada pertemuan I nilai perolehan siswa termasuk dalam kriteria sangat tinggi, sedangkan pada pertemuan II bahwa lebih dari 75 persen responden memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 70 (≥80) sehingga dinnyatakan bahwa pada pertemuan II nilai perolehan siswa termasuk dalam kriteria tinggi. Dan dari respon kuesioner peserta didik hasil pengujian kuesioner yang diperoleh dari rata-rata persentase secara keseluruhan yaitu sebesar 78 persen menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa telah memberikan persepsi yang baik terhadap evaluasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi quizizz dan dapat dikatakan efektif