Implementasi dan Analisa Performansi Protokol AODV dengan Prediction Node Trend dan Static Intersection Node pada Vehicular Ad-Hoc Network

Main Author: Carela Jefta, Johanes
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184450/1/JOHANES%20CARELA%20JEFTA.pdf
http://repository.ub.ac.id/184450/
Daftar Isi:
  • VANET adalah pengembangan jaringan ad hoc sebelumnya yaitu MANET. VANET mendukung model komunikasi antar kendaraan, kendaraan dengan infrastruktur, dan infrastruktur dengan infrastruktur. Protokol routing yang paling sering digunakan adalah AODV yang merupakan pengembangan dari protokol routing MANET. VANET memiliki karakteristik jaringan yang cepat berubah dalam waktu singkat, sehingga AODV memiliki kecenderungan performa yang kurang baik karena perbedaan karakteristik. Dalam kondisi kepadatan kendaraan (densitas) rendah seperti pada malam hari performa AODV juga cenderung mengalami penurunan. Maka, penelitian ini menggunakan protokol AODV-PNT yang merupakan modifikasi dari protokol AODV konvensional dan ditambahkan SIN (Static Intersection Node) untuk meningkatkan performa protokol routing dikondisi densitas rendah. Hasil dari penelitian ini protokol routing AODV-PNT memiliki performa kurang baik daripada protokol routing AODV pada densitas rendah dan densitas tinggi, namun performa lebih baik terjadi pada densitas sedang dengan meningkatkan Packet Delivery Ratio dan Throughput serta menurunkan Routing Overhead. Skenario dengan implementasi SIN juga memiliki performa lebih baik daripada skenario tanpa implementasi SIN dengan mampu meningkatkan PDR dan Throughput, serta mengurangi Routing Overhead dan Waktu Konvergensi. AODV-PNT dengan SIN menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan AODV konvensional dengan SIN berdasarkan rata-rata PDR 98,033%, throughput 4,2142 kbps, average end-to-end delay 0,1451 s, routing overhead 296,07 route control, dan waktu konvergensi 14,969 s.