Implementasi dan Analisa Performansi Protokol AODV dengan Prediction Node Trend dan Static Intersection Node pada Vehicular Ad-Hoc Network

Main Author: Carela Jefta, Johanes
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184450/1/JOHANES%20CARELA%20JEFTA.pdf
http://repository.ub.ac.id/184450/
ctrlnum 184450
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/184450/</relation><title>Implementasi dan Analisa Performansi Protokol AODV dengan Prediction Node Trend dan Static Intersection Node pada Vehicular Ad-Hoc Network</title><creator>Carela Jefta, Johanes</creator><subject>004 Computer science</subject><description>VANET adalah pengembangan jaringan ad hoc sebelumnya yaitu MANET. VANET mendukung model komunikasi antar kendaraan, kendaraan dengan infrastruktur, dan infrastruktur dengan infrastruktur. Protokol routing yang paling sering digunakan adalah AODV yang merupakan pengembangan dari protokol routing MANET. VANET memiliki karakteristik jaringan yang cepat berubah dalam waktu singkat, sehingga AODV memiliki kecenderungan performa yang kurang baik karena perbedaan karakteristik. Dalam kondisi kepadatan kendaraan (densitas) rendah seperti pada malam hari performa AODV juga cenderung mengalami penurunan. Maka, penelitian ini menggunakan protokol AODV-PNT yang merupakan modifikasi dari protokol AODV konvensional dan ditambahkan SIN (Static Intersection Node) untuk meningkatkan performa protokol routing dikondisi densitas rendah. Hasil dari penelitian ini protokol routing AODV-PNT memiliki performa kurang baik daripada protokol routing AODV pada densitas rendah dan densitas tinggi, namun performa lebih baik terjadi pada densitas sedang dengan meningkatkan Packet Delivery Ratio dan Throughput serta menurunkan Routing Overhead. Skenario dengan implementasi SIN juga memiliki performa lebih baik daripada skenario tanpa implementasi SIN dengan mampu meningkatkan PDR dan Throughput, serta mengurangi Routing Overhead dan Waktu Konvergensi. AODV-PNT dengan SIN menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan AODV konvensional dengan SIN berdasarkan rata-rata PDR 98,033%, throughput 4,2142 kbps, average end-to-end delay 0,1451 s, routing overhead 296,07 route control, dan waktu konvergensi 14,969 s.</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/184450/1/JOHANES%20CARELA%20JEFTA.pdf</identifier><identifier> Carela Jefta, Johanes (2021) Implementasi dan Analisa Performansi Protokol AODV dengan Prediction Node Trend dan Static Intersection Node pada Vehicular Ad-Hoc Network. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>052115</relation><recordID>184450</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Carela Jefta, Johanes
title Implementasi dan Analisa Performansi Protokol AODV dengan Prediction Node Trend dan Static Intersection Node pada Vehicular Ad-Hoc Network
publishDate 2021
topic 004 Computer science
url http://repository.ub.ac.id/184450/1/JOHANES%20CARELA%20JEFTA.pdf
http://repository.ub.ac.id/184450/
contents VANET adalah pengembangan jaringan ad hoc sebelumnya yaitu MANET. VANET mendukung model komunikasi antar kendaraan, kendaraan dengan infrastruktur, dan infrastruktur dengan infrastruktur. Protokol routing yang paling sering digunakan adalah AODV yang merupakan pengembangan dari protokol routing MANET. VANET memiliki karakteristik jaringan yang cepat berubah dalam waktu singkat, sehingga AODV memiliki kecenderungan performa yang kurang baik karena perbedaan karakteristik. Dalam kondisi kepadatan kendaraan (densitas) rendah seperti pada malam hari performa AODV juga cenderung mengalami penurunan. Maka, penelitian ini menggunakan protokol AODV-PNT yang merupakan modifikasi dari protokol AODV konvensional dan ditambahkan SIN (Static Intersection Node) untuk meningkatkan performa protokol routing dikondisi densitas rendah. Hasil dari penelitian ini protokol routing AODV-PNT memiliki performa kurang baik daripada protokol routing AODV pada densitas rendah dan densitas tinggi, namun performa lebih baik terjadi pada densitas sedang dengan meningkatkan Packet Delivery Ratio dan Throughput serta menurunkan Routing Overhead. Skenario dengan implementasi SIN juga memiliki performa lebih baik daripada skenario tanpa implementasi SIN dengan mampu meningkatkan PDR dan Throughput, serta mengurangi Routing Overhead dan Waktu Konvergensi. AODV-PNT dengan SIN menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan AODV konvensional dengan SIN berdasarkan rata-rata PDR 98,033%, throughput 4,2142 kbps, average end-to-end delay 0,1451 s, routing overhead 296,07 route control, dan waktu konvergensi 14,969 s.
id IOS4666.184450
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T07:06:25Z
last_indexed 2021-10-28T07:06:25Z
recordtype dc
_version_ 1751453839471411200
score 17.538404