Implementasi dan Analisa Performansi Protokol AODV dengan Prediction Node Trend dan Static Intersection Node pada Vehicular Ad-Hoc Network
Main Author: | Carela Jefta, Johanes |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/184450/1/JOHANES%20CARELA%20JEFTA.pdf http://repository.ub.ac.id/184450/ |
ctrlnum |
184450 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/184450/</relation><title>Implementasi dan Analisa Performansi Protokol AODV dengan Prediction Node Trend dan Static Intersection Node pada Vehicular Ad-Hoc Network</title><creator>Carela Jefta, Johanes</creator><subject>004 Computer science</subject><description>VANET adalah pengembangan jaringan ad hoc sebelumnya yaitu MANET. VANET mendukung model komunikasi antar kendaraan, kendaraan dengan infrastruktur, dan infrastruktur dengan infrastruktur. Protokol routing yang paling sering digunakan adalah AODV yang merupakan pengembangan dari protokol routing MANET. VANET memiliki karakteristik jaringan yang cepat berubah dalam waktu singkat, sehingga AODV memiliki kecenderungan performa yang kurang baik karena perbedaan karakteristik. Dalam kondisi kepadatan kendaraan (densitas) rendah seperti pada malam hari performa AODV juga cenderung mengalami penurunan. Maka, penelitian ini menggunakan protokol AODV-PNT yang merupakan modifikasi dari protokol AODV konvensional dan ditambahkan SIN (Static Intersection Node) untuk meningkatkan performa protokol routing dikondisi densitas rendah. Hasil dari penelitian ini protokol routing AODV-PNT memiliki performa kurang baik daripada protokol routing AODV pada densitas rendah dan densitas tinggi, namun performa lebih baik terjadi pada densitas sedang dengan meningkatkan Packet Delivery Ratio dan Throughput serta menurunkan Routing Overhead. Skenario dengan implementasi SIN juga memiliki performa lebih baik daripada skenario tanpa implementasi SIN dengan mampu meningkatkan PDR dan Throughput, serta mengurangi Routing Overhead dan Waktu Konvergensi. AODV-PNT dengan SIN menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan AODV konvensional dengan SIN berdasarkan rata-rata PDR 98,033%, throughput 4,2142 kbps, average end-to-end delay 0,1451 s, routing overhead 296,07 route control, dan waktu konvergensi 14,969 s.</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/184450/1/JOHANES%20CARELA%20JEFTA.pdf</identifier><identifier> Carela Jefta, Johanes (2021) Implementasi dan Analisa Performansi Protokol AODV dengan Prediction Node Trend dan Static Intersection Node pada Vehicular Ad-Hoc Network. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>052115</relation><recordID>184450</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Carela Jefta, Johanes |
title |
Implementasi dan Analisa Performansi Protokol AODV dengan Prediction Node Trend dan Static Intersection Node pada Vehicular Ad-Hoc Network |
publishDate |
2021 |
topic |
004 Computer science |
url |
http://repository.ub.ac.id/184450/1/JOHANES%20CARELA%20JEFTA.pdf http://repository.ub.ac.id/184450/ |
contents |
VANET adalah pengembangan jaringan ad hoc sebelumnya yaitu MANET. VANET mendukung model komunikasi antar kendaraan, kendaraan dengan infrastruktur, dan infrastruktur dengan infrastruktur. Protokol routing yang paling sering digunakan adalah AODV yang merupakan pengembangan dari protokol routing MANET. VANET memiliki karakteristik jaringan yang cepat berubah dalam waktu singkat, sehingga AODV memiliki kecenderungan performa yang kurang baik karena perbedaan karakteristik. Dalam kondisi kepadatan kendaraan (densitas) rendah seperti pada malam hari performa AODV juga cenderung mengalami penurunan. Maka, penelitian ini menggunakan protokol AODV-PNT yang merupakan modifikasi dari protokol AODV konvensional dan ditambahkan SIN (Static Intersection Node) untuk meningkatkan performa protokol routing dikondisi densitas rendah. Hasil dari penelitian ini protokol routing AODV-PNT memiliki performa kurang baik daripada protokol routing AODV pada densitas rendah dan densitas tinggi, namun performa lebih baik terjadi pada densitas sedang dengan meningkatkan Packet Delivery Ratio dan Throughput serta menurunkan Routing Overhead. Skenario dengan implementasi SIN juga memiliki performa lebih baik daripada skenario tanpa implementasi SIN dengan mampu meningkatkan PDR dan Throughput, serta mengurangi Routing Overhead dan Waktu Konvergensi. AODV-PNT dengan SIN menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan AODV konvensional dengan SIN berdasarkan rata-rata PDR 98,033%, throughput 4,2142 kbps, average end-to-end delay 0,1451 s, routing overhead 296,07 route control, dan waktu konvergensi 14,969 s. |
id |
IOS4666.184450 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T07:06:25Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:06:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751453839471411200 |
score |
17.538404 |