Analisis Iklan McDonald’s Cita Rasa Spesial dari Negeri Jepang Menggunakan Semiotika Roland Barthes

Main Author: Sari,, Aldin Estika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184414/1/Aldin%20Estika%20Sari.pdf
http://repository.ub.ac.id/184414/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan objek berupa iklan produk McDonald’s Indonesia berjudul “Cita Rasa Spesial dari Negeri Jepang” yang menceritakan seorang samurai dari Jepang masa keshogunan yang tersesat sendirian di wilayah Indonesia. Keberadaan samurai tersebut ditolak oleh masyarakat lokal yang ditemuinya sepanjang perjalanan. Di bagian akhir iklan ditampilkan samurai diterima oleh masyarakat lokal yang berada di McDonald’s. Video iklan tersebut berdurasi 1 menit 31 detik dan diunggah di situs youtube pada 7 November 2016. Fokus penelitian ini terletak pada visual dan audio yang ditampilkan dalam iklan tersebut dan lebih berkonsentrasi pada makna yang diciptakan oleh tandatanda yang terdapat pada iklan. Rumusan masalah penelitian ini adalah mengidentifikasi wujud kebudayaan tradisional Jepang yang terepresentasikan dalam iklan, dan mengungkap makna denotasi, konotasi, serta mitos dibalik iklan menggunakan semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukan kebudayaan Jepang berupa representasi sosok samurai, bunga sakura, origami senbazuru, kuliner khas Jepang, serta bunyi alat musik tradisional Jepang. Tanda-tanda tersebut merembes masuk ke dalam teks dan menciptakan makna serta mitos yang bertujuan untuk menawarkan menu kuliner Jepang kepada konsumen Indonesia, hingga seolah-olah konsumen Indonesia dapat merasakan berada di Jepang cukup dengan makan menu cita rasa spesial dari negeri Jepang di McDonald.