ctrlnum 1839
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/1839/</relation><title>Peran Dinas Pendidikan Kota Malang Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran (Studi Tentang Program Pusat Sumber Belajar Digital)</title><creator>Pertiwi, Disca Deviana</creator><subject>353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education</subject><description>Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam dunia pendidikan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Namun proses belajar mengajar masih dilakukan secara konvensional oleh tenaga pendidik di Kota Malang. Oleh karena itu Dinas Pendidikan Kota Malang membuat program pusat sumber belajar digital yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik agar dapat menghasilkan bahan ajar elektronik sebagai media pembelajaran. Untuk mengetahui peran Dinas Pendidikan Kota Malang dalam pelaksanaan program pusat sumber belajar digital sebagai media pembelajaran maka dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan metode analisis yang digunakan adalah melalui metode interaktif Miles dan Huberman. Dalam metode analisis ini terdapat tiga tahapan penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam pelaksanaan program pusat sumber belajar digital, Dinas Pendidikan Kota Malang berperan dalam proses sosialisasi program pusat sumber belajar digital, penyediaan sarana dan prasarana serta pemberian pelatihan dan lokakarya pengembangan multimedia interaktif. Namun di dalam pelaksanaan program tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat yang muncul baik secara internal maupun eksternal. Faktor pendukung internalnya adalah fungsi, visi dan misi yang mendukung pelaksanaan program, ketersediaan anggaran dan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor pendukung eksternalnya adalah sebutan Kota Malang sebagai kota pendidikan, adanya dukungan dari wali kota dan respon dari para tenaga pendidik Kota Malang. Untuk faktor penghambat internal yang muncul adalah terbatasnya tenaga ahli yang dimiliki Dinas Pendidikan Kota Malang. Sedangkan faktor penghambat eksternalnya adalah kurangnya kerjasama antara Dinas Pendidikan Kota Malang dengan sekolah-sekolah serta kemampuan tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik yang masih rendah. Oleh karena itu diperlukan agar menerima tenaga ahli dibidangnya untuk menjadi tenaga kerja di Dinas Pendidikan Kota Malang, kemudian menyelenggarakan pelatihan bagi staf, khususnya yang berkaitan dengan program pusat sumber belajar digital. Perlunya memastikan bahwa perwakilan sekolah hadir dan mengenakan hukuman berupa blacklist untuk perwakilan sekolah yang tidak hadir. Serta memilih perwakilan sekolah yang menguasai di bidang teknologi untuk mengikuti pelatihan dan lokakarya pengembangan multimedia interaktif.</description><date>2017-08-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1839/1/Bagian%20Depan%20%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1839/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1839/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1839/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1839/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1839/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1839/7/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Pertiwi, Disca Deviana (2017) Peran Dinas Pendidikan Kota Malang Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran (Studi Tentang Program Pusat Sumber Belajar Digital). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2017/555/051707709</relation><recordID>1839</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pertiwi, Disca Deviana
title Peran Dinas Pendidikan Kota Malang Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran (Studi Tentang Program Pusat Sumber Belajar Digital)
publishDate 2017
topic 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
url http://repository.ub.ac.id/1839/1/Bagian%20Depan%20%281%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/1839/2/BAB%20I.pdf
http://repository.ub.ac.id/1839/3/BAB%20II.pdf
http://repository.ub.ac.id/1839/4/BAB%20III.pdf
http://repository.ub.ac.id/1839/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/1839/6/BAB%20V.pdf
http://repository.ub.ac.id/1839/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.ub.ac.id/1839/
contents Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam dunia pendidikan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Namun proses belajar mengajar masih dilakukan secara konvensional oleh tenaga pendidik di Kota Malang. Oleh karena itu Dinas Pendidikan Kota Malang membuat program pusat sumber belajar digital yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik agar dapat menghasilkan bahan ajar elektronik sebagai media pembelajaran. Untuk mengetahui peran Dinas Pendidikan Kota Malang dalam pelaksanaan program pusat sumber belajar digital sebagai media pembelajaran maka dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan metode analisis yang digunakan adalah melalui metode interaktif Miles dan Huberman. Dalam metode analisis ini terdapat tiga tahapan penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam pelaksanaan program pusat sumber belajar digital, Dinas Pendidikan Kota Malang berperan dalam proses sosialisasi program pusat sumber belajar digital, penyediaan sarana dan prasarana serta pemberian pelatihan dan lokakarya pengembangan multimedia interaktif. Namun di dalam pelaksanaan program tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat yang muncul baik secara internal maupun eksternal. Faktor pendukung internalnya adalah fungsi, visi dan misi yang mendukung pelaksanaan program, ketersediaan anggaran dan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor pendukung eksternalnya adalah sebutan Kota Malang sebagai kota pendidikan, adanya dukungan dari wali kota dan respon dari para tenaga pendidik Kota Malang. Untuk faktor penghambat internal yang muncul adalah terbatasnya tenaga ahli yang dimiliki Dinas Pendidikan Kota Malang. Sedangkan faktor penghambat eksternalnya adalah kurangnya kerjasama antara Dinas Pendidikan Kota Malang dengan sekolah-sekolah serta kemampuan tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik yang masih rendah. Oleh karena itu diperlukan agar menerima tenaga ahli dibidangnya untuk menjadi tenaga kerja di Dinas Pendidikan Kota Malang, kemudian menyelenggarakan pelatihan bagi staf, khususnya yang berkaitan dengan program pusat sumber belajar digital. Perlunya memastikan bahwa perwakilan sekolah hadir dan mengenakan hukuman berupa blacklist untuk perwakilan sekolah yang tidak hadir. Serta memilih perwakilan sekolah yang menguasai di bidang teknologi untuk mengikuti pelatihan dan lokakarya pengembangan multimedia interaktif.
id IOS4666.1839
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:30:45Z
last_indexed 2021-10-18T02:07:50Z
recordtype dc
_version_ 1730142666261266432
score 17.538404