Prediksi Keputusan Pelanggan Menggunakan Extreme Learning Machine Pada Data Telco Customer Churn
Main Author: | Tisantri, Daris Hadyan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180932/1/Daris%20Hadyan%20Tisantri%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/180932/ |
Daftar Isi:
- Pada zaman sekarang, banyak sekali perusahaan dan instansi yang berkompetisi menawarkan jasa seperti internet dan telekomunikasi yang menggunakan sistem berlangganan untuk menjual jasanya sehingga perusahaan tersebut harus berkompetisi melalui strategi pemasaran. Faktor penting dalam pengulangan pembelian pada pelanggan yaitu loyalitas. Loyalitas mempunyai hubungan berbanding lurus dengan performa bisnis. Faktor pemasaran dan loyalitas pelanggan inilah yang mengakibatkan banyaknya pelanggan yang berpindah/berhenti dari perusahaan satu dengan yang lain sejenis sehingga beberapa perusahaan kehilanngan pelanggan (Churn) yang mengakibatkan turunnya revenue. Jika perusahaan atau instansi dapat memprediksi churn, perusahaan atau instansi dapat mengantisipasi agar pelanggan tersebut tidak berhenti berlangganan. Pada penelitian ini, data yang digunakan pada penelitian berasal dari Kaggle yang bersumber dari IBM Sample Data Sets. Data ini terdiri dari 7043 data yang terdiri dari 20 fitur dengan dua kelas yaitu yesjika pelanggan churn dan no jika pelanggan tidak churn. Kemudian data akan dieliminasi fitur yang tidak digunakan menggunakan korelasi Pearson. Kemudian data akan dilatih menggunakan Extreme Learning Machine untuk memprediksi pelanggan akan churn atau tidak. Hasil dari penelitian adalah mendapatkan akurasi sebesar 76,96%, precision churn sebesar 65,45%, precision non churn sebesar 78,65%, recall churn sebesar 29,38%, recall non churn sebesar 94,19%