Prediksi Keputusan Pelanggan Menggunakan Extreme Learning Machine Pada Data Telco Customer Churn

Main Author: Tisantri, Daris Hadyan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180932/1/Daris%20Hadyan%20Tisantri%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180932/
ctrlnum 180932
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/180932/</relation><title>Prediksi Keputusan Pelanggan Menggunakan Extreme&#xD; Learning Machine Pada Data Telco Customer Churn</title><creator>Tisantri, Daris Hadyan</creator><subject>006.31 Machine learning</subject><description>Pada zaman sekarang, banyak sekali perusahaan dan instansi yang&#xD; berkompetisi menawarkan jasa seperti internet dan telekomunikasi yang&#xD; menggunakan sistem berlangganan untuk menjual jasanya sehingga perusahaan&#xD; tersebut harus berkompetisi melalui strategi pemasaran. Faktor penting dalam&#xD; pengulangan pembelian pada pelanggan yaitu loyalitas. Loyalitas mempunyai&#xD; hubungan berbanding lurus dengan performa bisnis. Faktor pemasaran dan&#xD; loyalitas pelanggan inilah yang mengakibatkan banyaknya pelanggan yang&#xD; berpindah/berhenti dari perusahaan satu dengan yang lain sejenis sehingga&#xD; beberapa perusahaan kehilanngan pelanggan (Churn) yang mengakibatkan&#xD; turunnya revenue. Jika perusahaan atau instansi dapat memprediksi churn,&#xD; perusahaan atau instansi dapat mengantisipasi agar pelanggan tersebut tidak&#xD; berhenti berlangganan. Pada penelitian ini, data yang digunakan pada penelitian&#xD; berasal dari Kaggle yang bersumber dari IBM Sample Data Sets. Data ini terdiri dari&#xD; 7043 data yang terdiri dari 20 fitur dengan dua kelas yaitu yesjika pelanggan churn&#xD; dan no jika pelanggan tidak churn. Kemudian data akan dieliminasi fitur yang tidak&#xD; digunakan menggunakan korelasi Pearson. Kemudian data akan dilatih&#xD; menggunakan Extreme Learning Machine untuk memprediksi pelanggan akan&#xD; churn atau tidak. Hasil dari penelitian adalah mendapatkan akurasi sebesar&#xD; 76,96%, precision churn sebesar 65,45%, precision non churn sebesar 78,65%,&#xD; recall churn sebesar 29,38%, recall non churn sebesar 94,19%</description><date>2020-01-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/180932/1/Daris%20Hadyan%20Tisantri%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Tisantri, Daris Hadyan (2020) Prediksi Keputusan Pelanggan Menggunakan Extreme Learning Machine Pada Data Telco Customer Churn. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2020/194/052003384</relation><recordID>180932</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Tisantri, Daris Hadyan
title Prediksi Keputusan Pelanggan Menggunakan Extreme Learning Machine Pada Data Telco Customer Churn
publishDate 2020
topic 006.31 Machine learning
url http://repository.ub.ac.id/180932/1/Daris%20Hadyan%20Tisantri%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180932/
contents Pada zaman sekarang, banyak sekali perusahaan dan instansi yang berkompetisi menawarkan jasa seperti internet dan telekomunikasi yang menggunakan sistem berlangganan untuk menjual jasanya sehingga perusahaan tersebut harus berkompetisi melalui strategi pemasaran. Faktor penting dalam pengulangan pembelian pada pelanggan yaitu loyalitas. Loyalitas mempunyai hubungan berbanding lurus dengan performa bisnis. Faktor pemasaran dan loyalitas pelanggan inilah yang mengakibatkan banyaknya pelanggan yang berpindah/berhenti dari perusahaan satu dengan yang lain sejenis sehingga beberapa perusahaan kehilanngan pelanggan (Churn) yang mengakibatkan turunnya revenue. Jika perusahaan atau instansi dapat memprediksi churn, perusahaan atau instansi dapat mengantisipasi agar pelanggan tersebut tidak berhenti berlangganan. Pada penelitian ini, data yang digunakan pada penelitian berasal dari Kaggle yang bersumber dari IBM Sample Data Sets. Data ini terdiri dari 7043 data yang terdiri dari 20 fitur dengan dua kelas yaitu yesjika pelanggan churn dan no jika pelanggan tidak churn. Kemudian data akan dieliminasi fitur yang tidak digunakan menggunakan korelasi Pearson. Kemudian data akan dilatih menggunakan Extreme Learning Machine untuk memprediksi pelanggan akan churn atau tidak. Hasil dari penelitian adalah mendapatkan akurasi sebesar 76,96%, precision churn sebesar 65,45%, precision non churn sebesar 78,65%, recall churn sebesar 29,38%, recall non churn sebesar 94,19%
id IOS4666.180932
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T07:03:40Z
last_indexed 2021-10-28T07:03:40Z
recordtype dc
_version_ 1751453869975535616
score 17.538404