Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka E-Learning Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (elearning-filkom.ub.ac.id) dengan Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD)

Main Author: Nugraha, Chaerul Irfan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180915/1/Chaerul%20Irfan%20Nugraha%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180915/
Daftar Isi:
  • Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya saat ini sudah mempunyai website E-Learning yang masih memiliki banyak kekurangan terbukti dari sedikitnya mahasiswa FILKOM yang menggunakan serta banyaknya keluhan yang diberikan pada kueisioner pra-penelitian yang disebar secara online kepada mahasiswa FILKOM. Hal ini menunjukan perancangan website tidak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari mahasiswa FILKOM. Metode Goal-Directed Design (GDD) dapat memberikan solusi untuk menghasilkan rancangan website yang sesuai dengan tujuan pengguna. Dalam penerapaannya, metode GDD memiliki enam tahapan. Tahap pertama adalah research untuk mengetahui masalah yang ada serta pengumpulan data agar mendapatkan kebutuhan dan kondisi yang diinginkan oleh stakeholder dan pengguna. Tahap kedua adalah modeling yang menghasilkan persona dan user journey pengguna. Tahap ketiga adalah requirement yang akan menghasilkan konteks skenario dan kebutuhan. Tahap keempat adalah framework yang menghasilkan kerangka rancangan antarmuka berupa wireframe. Tahap terakhir adalah refinement yang akan menghasilkan high-fidelity prototype yang sudah siap diuji serta dilakukan evaluasi menggunakan kueisioner SUS. Kueisioner evaluasi akhir ini memberikan hasil nilai rata-rata sebesar 74 dan masuk kedalam kriteria Grade C, berada pada kategori acceptable dalam acceptability ranges, dan kategori good dalam adjective rating serta mendapatkan B- dalam Grading Scale Sauro & Lewis. Sehingga website perbaikan dapat diterima dan dinilai baik oleh pengguna website.