Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka E-Learning Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (elearning-filkom.ub.ac.id) dengan Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD)

Main Author: Nugraha, Chaerul Irfan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/180915/1/Chaerul%20Irfan%20Nugraha%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180915/
ctrlnum 180915
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/180915/</relation><title>Evaluasi&#xD; dan Perbaikan Rancangan Antarmuka E-Learning Fakultas Ilmu Komputer&#xD; Universitas Brawijaya (elearning-filkom.ub.ac.id) dengan Menggunakan Metode&#xD; Goal-Directed Design (GDD)</title><creator>Nugraha, Chaerul Irfan</creator><subject>001.43 Descrptive and experimental methods</subject><description>Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya saat ini sudah mempunyai&#xD; website E-Learning yang masih memiliki banyak kekurangan terbukti dari&#xD; sedikitnya mahasiswa FILKOM yang menggunakan serta banyaknya keluhan yang&#xD; diberikan pada kueisioner pra-penelitian yang disebar secara online kepada&#xD; mahasiswa FILKOM. Hal ini menunjukan perancangan website tidak sesuai dengan&#xD; kebutuhan dan tujuan dari mahasiswa FILKOM. Metode Goal-Directed Design&#xD; (GDD) dapat memberikan solusi untuk menghasilkan rancangan website yang&#xD; sesuai dengan tujuan pengguna. Dalam penerapaannya, metode GDD memiliki&#xD; enam tahapan. Tahap pertama adalah research untuk mengetahui masalah yang&#xD; ada serta pengumpulan data agar mendapatkan kebutuhan dan kondisi yang&#xD; diinginkan oleh stakeholder dan pengguna. Tahap kedua adalah modeling yang&#xD; menghasilkan persona dan user journey pengguna. Tahap ketiga adalah&#xD; requirement yang akan menghasilkan konteks skenario dan kebutuhan. Tahap&#xD; keempat adalah framework yang menghasilkan kerangka rancangan antarmuka&#xD; berupa wireframe. Tahap terakhir adalah refinement yang akan menghasilkan&#xD; high-fidelity prototype yang sudah siap diuji serta dilakukan evaluasi&#xD; menggunakan kueisioner SUS. Kueisioner evaluasi akhir ini memberikan hasil nilai&#xD; rata-rata sebesar 74 dan masuk kedalam kriteria Grade C, berada pada kategori&#xD; acceptable dalam acceptability ranges, dan kategori good dalam adjective rating&#xD; serta mendapatkan B- dalam Grading Scale Sauro &amp; Lewis. Sehingga website&#xD; perbaikan dapat diterima dan dinilai baik oleh pengguna website.</description><date>2020-02-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/180915/1/Chaerul%20Irfan%20Nugraha%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Nugraha, Chaerul Irfan (2020) Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka E-Learning Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (elearning-filkom.ub.ac.id) dengan Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2020/175/052003366</relation><recordID>180915</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nugraha, Chaerul Irfan
title Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka E-Learning Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (elearning-filkom.ub.ac.id) dengan Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD)
publishDate 2020
topic 001.43 Descrptive and experimental methods
url http://repository.ub.ac.id/180915/1/Chaerul%20Irfan%20Nugraha%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/180915/
contents Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya saat ini sudah mempunyai website E-Learning yang masih memiliki banyak kekurangan terbukti dari sedikitnya mahasiswa FILKOM yang menggunakan serta banyaknya keluhan yang diberikan pada kueisioner pra-penelitian yang disebar secara online kepada mahasiswa FILKOM. Hal ini menunjukan perancangan website tidak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari mahasiswa FILKOM. Metode Goal-Directed Design (GDD) dapat memberikan solusi untuk menghasilkan rancangan website yang sesuai dengan tujuan pengguna. Dalam penerapaannya, metode GDD memiliki enam tahapan. Tahap pertama adalah research untuk mengetahui masalah yang ada serta pengumpulan data agar mendapatkan kebutuhan dan kondisi yang diinginkan oleh stakeholder dan pengguna. Tahap kedua adalah modeling yang menghasilkan persona dan user journey pengguna. Tahap ketiga adalah requirement yang akan menghasilkan konteks skenario dan kebutuhan. Tahap keempat adalah framework yang menghasilkan kerangka rancangan antarmuka berupa wireframe. Tahap terakhir adalah refinement yang akan menghasilkan high-fidelity prototype yang sudah siap diuji serta dilakukan evaluasi menggunakan kueisioner SUS. Kueisioner evaluasi akhir ini memberikan hasil nilai rata-rata sebesar 74 dan masuk kedalam kriteria Grade C, berada pada kategori acceptable dalam acceptability ranges, dan kategori good dalam adjective rating serta mendapatkan B- dalam Grading Scale Sauro & Lewis. Sehingga website perbaikan dapat diterima dan dinilai baik oleh pengguna website.
id IOS4666.180915
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T07:03:40Z
last_indexed 2021-10-28T07:03:40Z
recordtype dc
_version_ 1751453870355120128
score 17.538404