Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka E-Learning Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (elearning-filkom.ub.ac.id) dengan Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD)
Main Author: | Nugraha, Chaerul Irfan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/180915/1/Chaerul%20Irfan%20Nugraha%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/180915/ |
ctrlnum |
180915 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/180915/</relation><title>Evaluasi
dan Perbaikan Rancangan Antarmuka E-Learning Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Brawijaya (elearning-filkom.ub.ac.id) dengan Menggunakan Metode
Goal-Directed Design (GDD)</title><creator>Nugraha, Chaerul Irfan</creator><subject>001.43 Descrptive and experimental methods</subject><description>Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya saat ini sudah mempunyai
website E-Learning yang masih memiliki banyak kekurangan terbukti dari
sedikitnya mahasiswa FILKOM yang menggunakan serta banyaknya keluhan yang
diberikan pada kueisioner pra-penelitian yang disebar secara online kepada
mahasiswa FILKOM. Hal ini menunjukan perancangan website tidak sesuai dengan
kebutuhan dan tujuan dari mahasiswa FILKOM. Metode Goal-Directed Design
(GDD) dapat memberikan solusi untuk menghasilkan rancangan website yang
sesuai dengan tujuan pengguna. Dalam penerapaannya, metode GDD memiliki
enam tahapan. Tahap pertama adalah research untuk mengetahui masalah yang
ada serta pengumpulan data agar mendapatkan kebutuhan dan kondisi yang
diinginkan oleh stakeholder dan pengguna. Tahap kedua adalah modeling yang
menghasilkan persona dan user journey pengguna. Tahap ketiga adalah
requirement yang akan menghasilkan konteks skenario dan kebutuhan. Tahap
keempat adalah framework yang menghasilkan kerangka rancangan antarmuka
berupa wireframe. Tahap terakhir adalah refinement yang akan menghasilkan
high-fidelity prototype yang sudah siap diuji serta dilakukan evaluasi
menggunakan kueisioner SUS. Kueisioner evaluasi akhir ini memberikan hasil nilai
rata-rata sebesar 74 dan masuk kedalam kriteria Grade C, berada pada kategori
acceptable dalam acceptability ranges, dan kategori good dalam adjective rating
serta mendapatkan B- dalam Grading Scale Sauro & Lewis. Sehingga website
perbaikan dapat diterima dan dinilai baik oleh pengguna website.</description><date>2020-02-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/180915/1/Chaerul%20Irfan%20Nugraha%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Nugraha, Chaerul Irfan (2020) Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka E-Learning Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (elearning-filkom.ub.ac.id) dengan Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2020/175/052003366</relation><recordID>180915</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nugraha, Chaerul Irfan |
title |
Evaluasi
dan Perbaikan Rancangan Antarmuka E-Learning Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Brawijaya (elearning-filkom.ub.ac.id) dengan Menggunakan Metode
Goal-Directed Design (GDD) |
publishDate |
2020 |
topic |
001.43 Descrptive and experimental methods |
url |
http://repository.ub.ac.id/180915/1/Chaerul%20Irfan%20Nugraha%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/180915/ |
contents |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya saat ini sudah mempunyai
website E-Learning yang masih memiliki banyak kekurangan terbukti dari
sedikitnya mahasiswa FILKOM yang menggunakan serta banyaknya keluhan yang
diberikan pada kueisioner pra-penelitian yang disebar secara online kepada
mahasiswa FILKOM. Hal ini menunjukan perancangan website tidak sesuai dengan
kebutuhan dan tujuan dari mahasiswa FILKOM. Metode Goal-Directed Design
(GDD) dapat memberikan solusi untuk menghasilkan rancangan website yang
sesuai dengan tujuan pengguna. Dalam penerapaannya, metode GDD memiliki
enam tahapan. Tahap pertama adalah research untuk mengetahui masalah yang
ada serta pengumpulan data agar mendapatkan kebutuhan dan kondisi yang
diinginkan oleh stakeholder dan pengguna. Tahap kedua adalah modeling yang
menghasilkan persona dan user journey pengguna. Tahap ketiga adalah
requirement yang akan menghasilkan konteks skenario dan kebutuhan. Tahap
keempat adalah framework yang menghasilkan kerangka rancangan antarmuka
berupa wireframe. Tahap terakhir adalah refinement yang akan menghasilkan
high-fidelity prototype yang sudah siap diuji serta dilakukan evaluasi
menggunakan kueisioner SUS. Kueisioner evaluasi akhir ini memberikan hasil nilai
rata-rata sebesar 74 dan masuk kedalam kriteria Grade C, berada pada kategori
acceptable dalam acceptability ranges, dan kategori good dalam adjective rating
serta mendapatkan B- dalam Grading Scale Sauro & Lewis. Sehingga website
perbaikan dapat diterima dan dinilai baik oleh pengguna website. |
id |
IOS4666.180915 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T07:03:40Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:03:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751453870355120128 |
score |
17.538404 |