Pengembangan Pariwisata Melalui Konsep City Branding (Endless Probolinggo) (Studi Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo

Main Author: Valentina, Ajeng Hena
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178591/1/Ajeng%20Hena%20Valentina.pdf
http://repository.ub.ac.id/178591/
ctrlnum 178591
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/178591/</relation><title>Pengembangan Pariwisata Melalui Konsep City Branding (Endless Probolinggo) (Studi Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo</title><creator>Valentina, Ajeng Hena</creator><subject>338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)</subject><description>Otonomi daerah menyediakan kesempatan luas kepada pemerintah daerah untuk memanfaatkan, mengembangkan serta memaksimalkan pembangunan daerah termasuk dalam hal pengembangan potensi lokal yang dimiliki suatu daerah. Salah satu strategi yang digunakan oleh banyak kota di dunia untuk menunjang pembangunan daerah adalah melalui konsep city branding. Konsep city branding &#x2015;Endless Probolinggo&#x2016; merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh pemerintah Kabupaten Probolinggo sebagai upaya pengenalan awareness kepada masyarakat luas baik di tingkat lokal, regional, maupun internasional.&#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Probolinggo, sedangkan situsnya berada pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dibatasi oleh dua fokus yaitu : (1) Pengembangan pariwisata Kabupaten Probolinggo melalui konsep city branding &#x2015;Endless Probolinggo&#x2016;; 2) faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pengembangan pariwisata Kabupaten Probolinggo melalui konsep city branding &#x2015;Endless Probolinggo&#x2016;. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi pengembangan pariwisata melalui konsep city branding &#x2015;Endless Probolinggo&#x2016; Kabupaten Probolinggo telah berjalan dengan baik meskipun belum maksimal dikarenakan masih kurangnya menyebarnya informasi dan promosi sehingga masih terdapat masyarakat maupun wisatawan yang masih belum mengetahui city branding Kabupaten Probolinggo sebagai &#x2015;Endless Probolinggo&#x2016;, selain itu masih terdapat beberapa permasalahan seperti kurangnya sumberdaya baik internal maupun eksternal untuk mendukung pengembangan pariwsata seperti investor dari pihak luar dan pembagian divisi yang masih kurang terorganisir. Namun berbagai upaya dilakukan untuk mendukung pengembangan pariwisata dan terus dilakukannya pemberdayaan terhadap masyarakat setempat oleh Dinas Pemuda , Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo. Dari hasil pelaksanaan strategi city branding ini juga telah mampu memberikan dampak bagi Kabupaten Probolinggo yakni dengan peningkatan jumlah kunjungan wisata, meningkatnya perekonomian masyarakat dan kesejahteraan masyarakat yang turut meningkat.</description><date>2019-12-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/178591/1/Ajeng%20Hena%20Valentina.pdf</identifier><identifier> Valentina, Ajeng Hena (2019) Pengembangan Pariwisata Melalui Konsep City Branding (Endless Probolinggo) (Studi Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2019/879/052001048</relation><recordID>178591</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Valentina, Ajeng Hena
title Pengembangan Pariwisata Melalui Konsep City Branding (Endless Probolinggo) (Studi Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo
publishDate 2019
topic 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
url http://repository.ub.ac.id/178591/1/Ajeng%20Hena%20Valentina.pdf
http://repository.ub.ac.id/178591/
contents Otonomi daerah menyediakan kesempatan luas kepada pemerintah daerah untuk memanfaatkan, mengembangkan serta memaksimalkan pembangunan daerah termasuk dalam hal pengembangan potensi lokal yang dimiliki suatu daerah. Salah satu strategi yang digunakan oleh banyak kota di dunia untuk menunjang pembangunan daerah adalah melalui konsep city branding. Konsep city branding ―Endless Probolinggo‖ merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh pemerintah Kabupaten Probolinggo sebagai upaya pengenalan awareness kepada masyarakat luas baik di tingkat lokal, regional, maupun internasional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Probolinggo, sedangkan situsnya berada pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dibatasi oleh dua fokus yaitu : (1) Pengembangan pariwisata Kabupaten Probolinggo melalui konsep city branding ―Endless Probolinggo‖; 2) faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pengembangan pariwisata Kabupaten Probolinggo melalui konsep city branding ―Endless Probolinggo‖. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi pengembangan pariwisata melalui konsep city branding ―Endless Probolinggo‖ Kabupaten Probolinggo telah berjalan dengan baik meskipun belum maksimal dikarenakan masih kurangnya menyebarnya informasi dan promosi sehingga masih terdapat masyarakat maupun wisatawan yang masih belum mengetahui city branding Kabupaten Probolinggo sebagai ―Endless Probolinggo‖, selain itu masih terdapat beberapa permasalahan seperti kurangnya sumberdaya baik internal maupun eksternal untuk mendukung pengembangan pariwsata seperti investor dari pihak luar dan pembagian divisi yang masih kurang terorganisir. Namun berbagai upaya dilakukan untuk mendukung pengembangan pariwisata dan terus dilakukannya pemberdayaan terhadap masyarakat setempat oleh Dinas Pemuda , Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo. Dari hasil pelaksanaan strategi city branding ini juga telah mampu memberikan dampak bagi Kabupaten Probolinggo yakni dengan peningkatan jumlah kunjungan wisata, meningkatnya perekonomian masyarakat dan kesejahteraan masyarakat yang turut meningkat.
id IOS4666.178591
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T07:01:46Z
last_indexed 2021-10-28T07:01:46Z
recordtype dc
_version_ 1751453900748095488
score 17.538404