Penerapan Aplikasi dan Portal I-CHAT sebagai bentuk Corporate Social Responsibility di Bidang Pendidikan (Studi Mengenai Penerapan Aplikasi dan Portal I-Chat PT. TELKOM pada SMPLB-B Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa di Kota Malang)
Main Author: | Lestari, Emilita Setiabudi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1783/1/Bagian%20Depan%20%281%29.pdf http://repository.ub.ac.id/1783/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/1783/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/1783/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/1783/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/1783/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/1783/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/1783/ |
Daftar Isi:
- BUMN memiliki peranan besar dalam meningkatkan kemajuan bangsa. Hal ini dikarenakan BUMN merupakan salah satu agen yang menunjang keberhasilan pembangunan nasional. Untuk membangun dan meningkatkan kehidupan rakyat maka BUMN memiliki tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan CSR . Hal ini diatur dalam Undang-undang RI No.40 Tahun 2007, undang-undang tersebut memberikan arahan bagi BUMN berkewajiban melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan. PT.Telkom sebagai salah satu BUMN juga berkewajiban menerapkan CSR. Kepedulian PT. Telkom untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat salah satunya dalam dunia pendidikan kalangan tuna rungu dengan menciptakan aplikasi dan portal I-CHAT. Penerapan aplikasi dan portal I-CHAT telah digunakan di beberapa SLB di Indonesia salah satunya pada SMPLB-B YPTB di Kota Malang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan program CSR yang dilakukan PT.Telkom Malang, Bagaimanakah efektiitas penerapan aplikasi dan portal I-CHAT sebagai bentuk CSR PT.Telkom dalam bidang pendidikan pada SMPLB-B YTBP di kota malang, serta faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan pengambat dalam penerapan aplikasi dan portal I-CHAT sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di SMPLB-B YPTB kota Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT.Telkom Malang telah melaksanakan CSR sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan peraturan Menteri BUMN. Penerapan aplikasi dan portal I-CHAT sebagai CSR dalam bidang pedidikan di SMPLB-B YTBP efektif sejalan dengan visi dan misi PT. Telkom dalam menerapkan konsep CSR. Dalam penerapan aplikasi dan portal I-CHAT di SMPLB-B YPTB juga tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dari penerapan aplikasi dan portal I-CHAT pada SMPLB-B YTBP ialah adanya berbagai peraturan dan kebijakan yang mengacu pada penerapan CSR serta komitmen yang kuat dari pihak-pihak yang secara langsung mempunyai kewenangan dan bertanggung jawab dalam penerapan aplikasi dan portal I-CHAT pada SMPLB-B YTBP kota Malang. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan aplikasi dan portal I-CHAT di SMPLB-B YTBP ialah kurangnya pemahaman para guru dalam menggunakan media yang berbasis computer dan masih kurang sempurnanya isi aplikasi dan portal I-CHAT.