Students’ Perception Towards The Use Of English Movie To Improve Listening Skill In Smk Negeri 10 Malang

Main Author: Bagus Aji Pamungkas, Irvan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178124/
Daftar Isi:
  • Pada masa sekarang, media pembelajaran dikembangkan menjadi banyak jenis khususnya untuk kemampuan mendengarkan. Mendengar adalah kemampuan komunikasi pertama yang dimiliki manusia. Itu adalah sebuah proses penting yang memiliki bagian vital dalam aktifitas sehari-hari.Contoh dari media pembelajaran yang digunakan dalam kelas mendengarkan adalah film Bahasa Inggris. Peneliti melakukan aktifitas menonton film Bahasa Inggris dan dia sadar bahwa media pembelajaran tersebut sangatlah menarik untuk digunakan karena siswa mudah bosan ketika mereka ada aktifitas mendengarkan tanpa media visual. Lalu, dia ingin tahu persepsi siswa tentang penggunaan film Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana persepsi siswa tentang penggunaan film Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 10 Malang 2019/2020. Peneliti mengambil 100 partisipan. Metode penelitian ini adalah survey dengan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui kuisioner online yang dijawab oleh siswa. Peneliti menggunakan online kuisioner melalui Google Form untuk memudahkannya mengumpulkan dan menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mempunyai respon positif dalam menggunakan film Bahasa Inggris yang mereka percaya bahwa film Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan. Siswa kelas XI SMK Negeri 10 Malang mendukung ide ini dan setuju bahwa film Bahasa Inggris adalah alat yang menguntungkan sebagai media pembelajaran mendengarkan. Itu bias disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang penggunaan film Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan di SMK Negeri 10 Malang adalah positif