Modifikasi Metode Grid Sebagai Marker Pada Pengembangan Aplikasi Marker-Based Augmented Reality Untuk Efisiensi Waktu Proses Pembuatan Motif Batik Tulis

Main Author: Kusuma, Wahyu Teja
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/178114/1/Wahyu%20Teja%20Kusuma%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/178114/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari 3 area penelitian, yaitu metode Grid, Marker-Based Augmented Reality, dan metode pembuatan Batik Tulis. Penelitian ini melakukan modifikasi metode Grid menjadi marker yang disebut vertex marker. Berdasarkan pengujian fungsional vertex marker berhasil digunakan untuk mereproduksi objek digital agar dapat diinteraksikan dengan tangan pengguna. Sehingga kelemahan dari Marker-Based Augmented Reality tentang keterbasan ukuran objek digital dalam jangkauan tangan dapat teratasi. Selanjutnya, vertex marker diimplementasikan pada pengembangan aplikasi Batik Tulis Marker-Based Augmented Reality untuk menyelesaikan masalah pada proses pembuatan motif Batik Tulis. Aplikasi Batik Tulis Marker-Based Augmented Reality dimanfaatkan untuk menggantikan tahap pembuatan sketsa motif Batik dan tahap menyalin sketsa motif Batik ke kain, karena kedua tahap tersebut menjadi masalah utama pada area penelitian metode pembuatan Batik Tulis sebelumnya. Berdasarkan pengujian waktu proses pembuatan motif Batik Tulis, aplikasi Batik Tulis Marker- Based Augmented Reality berhasil memberikan efisiensi waktu proses pembuatan motif Batik Tulis sebesar 80,24%. Efisiensi tersebut berhasil dilakukan karena dengan menggunakan aplikasi Batik Tulis Marker-Based Augmented Reality, pembatik dapat langsung menggambar motif Batik Tulis di kain, tidak perlu menyalin motif Batik ke kain yang menjadi kesulitan utama pada metode pembuatan Batik tradisional pada penelitian sebelumnya.