Pengaruh Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dewi Sartika Kelompok B Kota Malang”
Main Author: | Bahtiar, Rizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175839/1/Rizal%20Bahtiar.pdf http://repository.ub.ac.id/175839/ |
Daftar Isi:
- Masa usia prasekolah yang berada pada usia 5-6 tahun merupakan masa yang penting dan anak mulai sensitive untuk menerima berbagai upaya perkembangan berbagai potensi. Permainan sosial yang biasa digunakan adalah ular tangga dan game edukatif pada gadget, oleh karena itu penelitian akan melakukan perbandingan antara kedua permainan terhadap perkembangan sosial anak. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi perbedaan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun yang diberikan permainan ular tangga dan game edukatif pada gadget. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental dengan pendekan Postest Design with Comparison Group. Sample yang dipilih total sampling dengan jumlah sample 24 orang. Perbedaan perkembangan sosial anak antara kelompok ular tangga dan kelompok gadget dianalisis dengan uji Mann Whitney karena data hasil uji normalitas Shapiro-Wilk, keseluruhan data dinyatakan tidak berdistribusi normal. diperoleh rata-rata skor kelompok ular tangga sebesar 71,92 (dengan rata-rata ranking 12,96), sedangkan rata-rata skor kelompok gadget sebesar 71,82 (dengan rata-rata ranking 11,95). Rata-rata kedua kelompok mempunyai selisih yang sangat kecil sebesar 0,10 untuk rata-rata skor dan sebesar 1,01 untuk rata-rata ranking. Signifikansi perbedaan rata-rata perkembangan sosial antara kelompok ular tangga dan kelompok gadget diuji dengan uji Mann Whitney didapatkan nilai Z hitung yang lebih besar dari -Z tabel (-0,402 > -1,960), dan nilai signifikansi lebih besar dari α ( 0,688 > 0,050). Berdasarkan hasil penelitian,disarankan untuk mengoptimalkan perkembangan sosial anak sejak usia dini bisa dilakukan dengan metode bermain seperti ular tangga dan game edukatif pada gadget.