Pengaruh Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dewi Sartika Kelompok B Kota Malang”
Main Author: | Bahtiar, Rizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175839/1/Rizal%20Bahtiar.pdf http://repository.ub.ac.id/175839/ |
ctrlnum |
175839 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/175839/</relation><title>Pengaruh Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada
Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dewi
Sartika Kelompok B Kota Malang”</title><creator>Bahtiar, Rizal</creator><subject>612.650 19 Child development--Psychological aspects</subject><description>Masa usia prasekolah yang berada pada usia 5-6 tahun merupakan masa yang penting
dan anak mulai sensitive untuk menerima berbagai upaya perkembangan berbagai potensi.
Permainan sosial yang biasa digunakan adalah ular tangga dan game edukatif pada gadget,
oleh karena itu penelitian akan melakukan perbandingan antara kedua permainan terhadap
perkembangan sosial anak. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi perbedaan
perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun yang diberikan permainan ular tangga dan game
edukatif pada gadget. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy
experimental dengan pendekan Postest Design with Comparison Group. Sample yang
dipilih total sampling dengan jumlah sample 24 orang. Perbedaan perkembangan sosial
anak antara kelompok ular tangga dan kelompok gadget dianalisis dengan uji Mann
Whitney karena data hasil uji normalitas Shapiro-Wilk, keseluruhan data dinyatakan tidak
berdistribusi normal. diperoleh rata-rata skor kelompok ular tangga sebesar 71,92 (dengan
rata-rata ranking 12,96), sedangkan rata-rata skor kelompok gadget sebesar 71,82 (dengan
rata-rata ranking 11,95). Rata-rata kedua kelompok mempunyai selisih yang sangat kecil
sebesar 0,10 untuk rata-rata skor dan sebesar 1,01 untuk rata-rata ranking. Signifikansi
perbedaan rata-rata perkembangan sosial antara kelompok ular tangga dan kelompok
gadget diuji dengan uji Mann Whitney didapatkan nilai Z hitung yang lebih besar dari -Z
tabel (-0,402 > -1,960), dan nilai signifikansi lebih besar dari α ( 0,688 > 0,050).
Berdasarkan hasil penelitian,disarankan untuk mengoptimalkan perkembangan sosial anak
sejak usia dini bisa dilakukan dengan metode bermain seperti ular tangga dan game
edukatif pada gadget.</description><date>2019-06-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/175839/1/Rizal%20Bahtiar.pdf</identifier><identifier> Bahtiar, Rizal (2019) Pengaruh Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dewi Sartika Kelompok B Kota Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FK/2019/217/051909292</relation><recordID>175839</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Bahtiar, Rizal |
title |
Pengaruh Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada
Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dewi
Sartika Kelompok B Kota Malang” |
publishDate |
2019 |
topic |
612.650 19 Child development--Psychological aspects |
url |
http://repository.ub.ac.id/175839/1/Rizal%20Bahtiar.pdf http://repository.ub.ac.id/175839/ |
contents |
Masa usia prasekolah yang berada pada usia 5-6 tahun merupakan masa yang penting
dan anak mulai sensitive untuk menerima berbagai upaya perkembangan berbagai potensi.
Permainan sosial yang biasa digunakan adalah ular tangga dan game edukatif pada gadget,
oleh karena itu penelitian akan melakukan perbandingan antara kedua permainan terhadap
perkembangan sosial anak. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi perbedaan
perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun yang diberikan permainan ular tangga dan game
edukatif pada gadget. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy
experimental dengan pendekan Postest Design with Comparison Group. Sample yang
dipilih total sampling dengan jumlah sample 24 orang. Perbedaan perkembangan sosial
anak antara kelompok ular tangga dan kelompok gadget dianalisis dengan uji Mann
Whitney karena data hasil uji normalitas Shapiro-Wilk, keseluruhan data dinyatakan tidak
berdistribusi normal. diperoleh rata-rata skor kelompok ular tangga sebesar 71,92 (dengan
rata-rata ranking 12,96), sedangkan rata-rata skor kelompok gadget sebesar 71,82 (dengan
rata-rata ranking 11,95). Rata-rata kedua kelompok mempunyai selisih yang sangat kecil
sebesar 0,10 untuk rata-rata skor dan sebesar 1,01 untuk rata-rata ranking. Signifikansi
perbedaan rata-rata perkembangan sosial antara kelompok ular tangga dan kelompok
gadget diuji dengan uji Mann Whitney didapatkan nilai Z hitung yang lebih besar dari -Z
tabel (-0,402 > -1,960), dan nilai signifikansi lebih besar dari α ( 0,688 > 0,050).
Berdasarkan hasil penelitian,disarankan untuk mengoptimalkan perkembangan sosial anak
sejak usia dini bisa dilakukan dengan metode bermain seperti ular tangga dan game
edukatif pada gadget. |
id |
IOS4666.175839 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:59:24Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:59:24Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454079548129280 |
score |
17.538404 |