Pengaruh Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dewi Sartika Kelompok B Kota Malang”

Main Author: Bahtiar, Rizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175839/1/Rizal%20Bahtiar.pdf
http://repository.ub.ac.id/175839/
ctrlnum 175839
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/175839/</relation><title>Pengaruh Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada&#xD; Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dewi&#xD; Sartika Kelompok B Kota Malang&#x201D;</title><creator>Bahtiar, Rizal</creator><subject>612.650 19 Child development--Psychological aspects</subject><description>Masa usia prasekolah yang berada pada usia 5-6 tahun merupakan masa yang penting&#xD; dan anak mulai sensitive untuk menerima berbagai upaya perkembangan berbagai potensi.&#xD; Permainan sosial yang biasa digunakan adalah ular tangga dan game edukatif pada gadget,&#xD; oleh karena itu penelitian akan melakukan perbandingan antara kedua permainan terhadap&#xD; perkembangan sosial anak. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi perbedaan&#xD; perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun yang diberikan permainan ular tangga dan game&#xD; edukatif pada gadget. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy&#xD; experimental dengan pendekan Postest Design with Comparison Group. Sample yang&#xD; dipilih total sampling dengan jumlah sample 24 orang. Perbedaan perkembangan sosial&#xD; anak antara kelompok ular tangga dan kelompok gadget dianalisis dengan uji Mann&#xD; Whitney karena data hasil uji normalitas Shapiro-Wilk, keseluruhan data dinyatakan tidak&#xD; berdistribusi normal. diperoleh rata-rata skor kelompok ular tangga sebesar 71,92 (dengan&#xD; rata-rata ranking 12,96), sedangkan rata-rata skor kelompok gadget sebesar 71,82 (dengan&#xD; rata-rata ranking 11,95). Rata-rata kedua kelompok mempunyai selisih yang sangat kecil&#xD; sebesar 0,10 untuk rata-rata skor dan sebesar 1,01 untuk rata-rata ranking. Signifikansi&#xD; perbedaan rata-rata perkembangan sosial antara kelompok ular tangga dan kelompok&#xD; gadget diuji dengan uji Mann Whitney didapatkan nilai Z hitung yang lebih besar dari -Z&#xD; tabel (-0,402 &gt; -1,960), dan nilai signifikansi lebih besar dari &#x3B1; ( 0,688 &gt; 0,050).&#xD; Berdasarkan hasil penelitian,disarankan untuk mengoptimalkan perkembangan sosial anak&#xD; sejak usia dini bisa dilakukan dengan metode bermain seperti ular tangga dan game&#xD; edukatif pada gadget.</description><date>2019-06-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/175839/1/Rizal%20Bahtiar.pdf</identifier><identifier> Bahtiar, Rizal (2019) Pengaruh Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dewi Sartika Kelompok B Kota Malang&#x201D;. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FK/2019/217/051909292</relation><recordID>175839</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Bahtiar, Rizal
title Pengaruh Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dewi Sartika Kelompok B Kota Malang”
publishDate 2019
topic 612.650 19 Child development--Psychological aspects
url http://repository.ub.ac.id/175839/1/Rizal%20Bahtiar.pdf
http://repository.ub.ac.id/175839/
contents Masa usia prasekolah yang berada pada usia 5-6 tahun merupakan masa yang penting dan anak mulai sensitive untuk menerima berbagai upaya perkembangan berbagai potensi. Permainan sosial yang biasa digunakan adalah ular tangga dan game edukatif pada gadget, oleh karena itu penelitian akan melakukan perbandingan antara kedua permainan terhadap perkembangan sosial anak. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi perbedaan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun yang diberikan permainan ular tangga dan game edukatif pada gadget. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental dengan pendekan Postest Design with Comparison Group. Sample yang dipilih total sampling dengan jumlah sample 24 orang. Perbedaan perkembangan sosial anak antara kelompok ular tangga dan kelompok gadget dianalisis dengan uji Mann Whitney karena data hasil uji normalitas Shapiro-Wilk, keseluruhan data dinyatakan tidak berdistribusi normal. diperoleh rata-rata skor kelompok ular tangga sebesar 71,92 (dengan rata-rata ranking 12,96), sedangkan rata-rata skor kelompok gadget sebesar 71,82 (dengan rata-rata ranking 11,95). Rata-rata kedua kelompok mempunyai selisih yang sangat kecil sebesar 0,10 untuk rata-rata skor dan sebesar 1,01 untuk rata-rata ranking. Signifikansi perbedaan rata-rata perkembangan sosial antara kelompok ular tangga dan kelompok gadget diuji dengan uji Mann Whitney didapatkan nilai Z hitung yang lebih besar dari -Z tabel (-0,402 > -1,960), dan nilai signifikansi lebih besar dari α ( 0,688 > 0,050). Berdasarkan hasil penelitian,disarankan untuk mengoptimalkan perkembangan sosial anak sejak usia dini bisa dilakukan dengan metode bermain seperti ular tangga dan game edukatif pada gadget.
id IOS4666.175839
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:59:24Z
last_indexed 2021-10-28T06:59:24Z
recordtype dc
_version_ 1751454079548129280
score 17.538404