Representasi Ideologi Patriarki Dalam Iklan Komersial Di Televisi (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Komersial Di Televisi)
Main Author: | Putri, Erdiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175093/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana ideologi patriarki digambarkan dalam sebuah iklan komersil yang ditayangkan ditelevisi Indonesia. Metode yang digunakan untuk melihat gambaran ideologi patriarki dalam iklan yaitu semiotika dengan model John Fiske. Pada penelitian ini menggunakan empat iklan komersial sebagai objek penelitian, iklan tersebut antara lain iklan Sariwangi versi berani bicara tahun 2017; Lifebuoy Bodywash versi lari-lari tahun 2017; Traveloka versi coba-coba tahun 2017; Allianz versi buka usaha martabak tahun 2017. Proses pemaknaan pesan melalui model semiotika John Fiske terbagi menjadi tiga level yaitu level realitas, representasi, dan ideologi. Melalui proses analisis semiotika John Fiske terhadap empat iklan yang menjadi objek penelitian maka ditemukan bahwa representasi ideologi patriarki yang terdapat dalam iklan komersil di Indonesia yaitu Kepala keluarga menduduki posisi tertinggi dalam keluarga sehingga ia adalah sebagai pemimpin dalam keluarga, oleh sebab itu ia harus bertanggung jawab terhadap keluarganya dalam aspek apapun. Kepala keluarga juga memiliki kuasa penuh terhadap anggota keluarga yang lain. Ketika terjadi suatu permasalahan dalam keluarga, maka kepala keluarga harus dapat memecahkannya karena ia adalah pemimpin.