Representasi Ideologi Patriarki Dalam Iklan Komersial Di Televisi (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Komersial Di Televisi)
Main Author: | Putri, Erdiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175093/ |
ctrlnum |
175093 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/175093/</relation><title>Representasi Ideologi Patriarki Dalam Iklan Komersial Di Televisi 
(Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Komersial Di Televisi)</title><creator>Putri, Erdiana</creator><subject>302.222 Nonverbal communication</subject><description>Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana ideologi patriarki digambarkan dalam
sebuah iklan komersil yang ditayangkan ditelevisi Indonesia. Metode yang digunakan untuk
melihat gambaran ideologi patriarki dalam iklan yaitu semiotika dengan model John Fiske. Pada
penelitian ini menggunakan empat iklan komersial sebagai objek penelitian, iklan tersebut antara
lain iklan Sariwangi versi berani bicara tahun 2017; Lifebuoy Bodywash versi lari-lari tahun
2017; Traveloka versi coba-coba tahun 2017; Allianz versi buka usaha martabak tahun 2017.
Proses pemaknaan pesan melalui model semiotika John Fiske terbagi menjadi tiga level yaitu
level realitas, representasi, dan ideologi. Melalui proses analisis semiotika John Fiske terhadap
empat iklan yang menjadi objek penelitian maka ditemukan bahwa representasi ideologi patriarki
yang terdapat dalam iklan komersil di Indonesia yaitu Kepala keluarga menduduki posisi
tertinggi dalam keluarga sehingga ia adalah sebagai pemimpin dalam keluarga, oleh sebab itu ia
harus bertanggung jawab terhadap keluarganya dalam aspek apapun. Kepala keluarga juga
memiliki kuasa penuh terhadap anggota keluarga yang lain. Ketika terjadi suatu permasalahan
dalam keluarga, maka kepala keluarga harus dapat memecahkannya karena ia adalah pemimpin.</description><date>2019-09-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Putri, Erdiana (2019) Representasi Ideologi Patriarki Dalam Iklan Komersial Di Televisi (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Komersial Di Televisi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FISIP/2019/926/051909760</relation><recordID>175093</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Putri, Erdiana |
title |
Representasi Ideologi Patriarki Dalam Iklan Komersial Di Televisi
(Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Komersial Di Televisi) |
publishDate |
2019 |
topic |
302.222 Nonverbal communication |
url |
http://repository.ub.ac.id/175093/ |
contents |
Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana ideologi patriarki digambarkan dalam
sebuah iklan komersil yang ditayangkan ditelevisi Indonesia. Metode yang digunakan untuk
melihat gambaran ideologi patriarki dalam iklan yaitu semiotika dengan model John Fiske. Pada
penelitian ini menggunakan empat iklan komersial sebagai objek penelitian, iklan tersebut antara
lain iklan Sariwangi versi berani bicara tahun 2017; Lifebuoy Bodywash versi lari-lari tahun
2017; Traveloka versi coba-coba tahun 2017; Allianz versi buka usaha martabak tahun 2017.
Proses pemaknaan pesan melalui model semiotika John Fiske terbagi menjadi tiga level yaitu
level realitas, representasi, dan ideologi. Melalui proses analisis semiotika John Fiske terhadap
empat iklan yang menjadi objek penelitian maka ditemukan bahwa representasi ideologi patriarki
yang terdapat dalam iklan komersil di Indonesia yaitu Kepala keluarga menduduki posisi
tertinggi dalam keluarga sehingga ia adalah sebagai pemimpin dalam keluarga, oleh sebab itu ia
harus bertanggung jawab terhadap keluarganya dalam aspek apapun. Kepala keluarga juga
memiliki kuasa penuh terhadap anggota keluarga yang lain. Ketika terjadi suatu permasalahan
dalam keluarga, maka kepala keluarga harus dapat memecahkannya karena ia adalah pemimpin. |
id |
IOS4666.175093 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:58:30Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:58:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454083161522176 |
score |
17.538404 |