Representasi Ideologi Patriarki Dalam Iklan Komersial Di Televisi (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Komersial Di Televisi)

Main Author: Putri, Erdiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175093/
ctrlnum 175093
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/175093/</relation><title>Representasi Ideologi Patriarki Dalam Iklan Komersial Di Televisi &#xD; (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Komersial Di Televisi)</title><creator>Putri, Erdiana</creator><subject>302.222 Nonverbal communication</subject><description>Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana ideologi patriarki digambarkan dalam&#xD; sebuah iklan komersil yang ditayangkan ditelevisi Indonesia. Metode yang digunakan untuk&#xD; melihat gambaran ideologi patriarki dalam iklan yaitu semiotika dengan model John Fiske. Pada&#xD; penelitian ini menggunakan empat iklan komersial sebagai objek penelitian, iklan tersebut antara&#xD; lain iklan Sariwangi versi berani bicara tahun 2017; Lifebuoy Bodywash versi lari-lari tahun&#xD; 2017; Traveloka versi coba-coba tahun 2017; Allianz versi buka usaha martabak tahun 2017.&#xD; Proses pemaknaan pesan melalui model semiotika John Fiske terbagi menjadi tiga level yaitu&#xD; level realitas, representasi, dan ideologi. Melalui proses analisis semiotika John Fiske terhadap&#xD; empat iklan yang menjadi objek penelitian maka ditemukan bahwa representasi ideologi patriarki&#xD; yang terdapat dalam iklan komersil di Indonesia yaitu Kepala keluarga menduduki posisi&#xD; tertinggi dalam keluarga sehingga ia adalah sebagai pemimpin dalam keluarga, oleh sebab itu ia&#xD; harus bertanggung jawab terhadap keluarganya dalam aspek apapun. Kepala keluarga juga&#xD; memiliki kuasa penuh terhadap anggota keluarga yang lain. Ketika terjadi suatu permasalahan&#xD; dalam keluarga, maka kepala keluarga harus dapat memecahkannya karena ia adalah pemimpin.</description><date>2019-09-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Putri, Erdiana (2019) Representasi Ideologi Patriarki Dalam Iklan Komersial Di Televisi (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Komersial Di Televisi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FISIP/2019/926/051909760</relation><recordID>175093</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Putri, Erdiana
title Representasi Ideologi Patriarki Dalam Iklan Komersial Di Televisi (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Komersial Di Televisi)
publishDate 2019
topic 302.222 Nonverbal communication
url http://repository.ub.ac.id/175093/
contents Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana ideologi patriarki digambarkan dalam sebuah iklan komersil yang ditayangkan ditelevisi Indonesia. Metode yang digunakan untuk melihat gambaran ideologi patriarki dalam iklan yaitu semiotika dengan model John Fiske. Pada penelitian ini menggunakan empat iklan komersial sebagai objek penelitian, iklan tersebut antara lain iklan Sariwangi versi berani bicara tahun 2017; Lifebuoy Bodywash versi lari-lari tahun 2017; Traveloka versi coba-coba tahun 2017; Allianz versi buka usaha martabak tahun 2017. Proses pemaknaan pesan melalui model semiotika John Fiske terbagi menjadi tiga level yaitu level realitas, representasi, dan ideologi. Melalui proses analisis semiotika John Fiske terhadap empat iklan yang menjadi objek penelitian maka ditemukan bahwa representasi ideologi patriarki yang terdapat dalam iklan komersil di Indonesia yaitu Kepala keluarga menduduki posisi tertinggi dalam keluarga sehingga ia adalah sebagai pemimpin dalam keluarga, oleh sebab itu ia harus bertanggung jawab terhadap keluarganya dalam aspek apapun. Kepala keluarga juga memiliki kuasa penuh terhadap anggota keluarga yang lain. Ketika terjadi suatu permasalahan dalam keluarga, maka kepala keluarga harus dapat memecahkannya karena ia adalah pemimpin.
id IOS4666.175093
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:58:30Z
last_indexed 2021-10-28T06:58:30Z
recordtype dc
_version_ 1751454083161522176
score 17.538404