Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Kuliner Indonesia Untuk Pembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat B1

Main Author: Manda, Mareta Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175045/
ctrlnum 175045
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/175045/</relation><title>Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Kuliner&#xD; Indonesia Untuk Pembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA)&#xD; Tingkat B1</title><creator>Manda, Mareta Sari</creator><subject>401.47 Languages for special purposes</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat evaluasi berupa&#xD; instrumen tes yang layak dan terstandar dalam mengukur kemampuan berbahasa&#xD; pembelajar BIPA tingkat B1 di Universitas Brawijaya. Penelitian ini&#xD; menghasilkan kisi-kisi, soal tes, dan rubrik penilaian beserta penskorannya. Model&#xD; penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Jenis data berupa data&#xD; analisis kompetensi, pembelajar, materi, uji validasi ahli dan praktisi, dan nilai&#xD; hasil tes pembelajar. Sumber data dari ahli materi, ahli evaluasi, praktisi, dan&#xD; enam pembelajar BIPA tingkat B1. Hasilnya adalah instrumen tes berbasis kuliner&#xD; Indonesia ditinjau dari aspek kelayakan isi layak untuk diterapkan karena akurat&#xD; dengan tujuan pembelajaran, materi, tema dan kebutuhan pembelajar BIPA&#xD; tingkat B1. Besaran persentase kelayakannya rata-rata 92,6% dengan kategori&#xD; sangat baik. Dari segi bahasa telah memenuhi indikator pemilihan kata,&#xD; penyusunan kata, ejaan, dan ragam bahasa. Besaran persentase kelayakannya ratarata&#xD; 85,94% dengan kategori sangat baik. Dari segi sistematika penyajian telah&#xD; memenuhi kualifikasi sangat baik karena memiliki kekonsistenan sistematika,&#xD; keseimbangan antar keterampilan berbahasa, keruntutan konsep, kesesuaian&#xD; ilustrasi dengan tema, dan penyajian soal yang variatif. Besaran persentase&#xD; kelayakannya rata-rata 90,11% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba&#xD; instrumen tes menunjukan bahwa pembelajar BIPA yang telah mencapai&#xD; ketuntansan nilai minimal 466 sebanyak enam orang atau 100%. Jadi, pembelajar&#xD; BIPA tingkat B1 dalam tes kenaikan tingkat, mencapai ketuntasan keterampilan&#xD; berbahasa karena pembelajar telah mencapai tujuan pembelajaran dan telah&#xD; menguasai materi keterampilan berbahasa.</description><date>2019-07-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Manda, Mareta Sari (2019) Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Kuliner Indonesia Untuk Pembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat B1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIB/2019/200/051908763</relation><recordID>175045</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Manda, Mareta Sari
title Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Kuliner Indonesia Untuk Pembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat B1
publishDate 2019
topic 401.47 Languages for special purposes
url http://repository.ub.ac.id/175045/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat evaluasi berupa instrumen tes yang layak dan terstandar dalam mengukur kemampuan berbahasa pembelajar BIPA tingkat B1 di Universitas Brawijaya. Penelitian ini menghasilkan kisi-kisi, soal tes, dan rubrik penilaian beserta penskorannya. Model penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Jenis data berupa data analisis kompetensi, pembelajar, materi, uji validasi ahli dan praktisi, dan nilai hasil tes pembelajar. Sumber data dari ahli materi, ahli evaluasi, praktisi, dan enam pembelajar BIPA tingkat B1. Hasilnya adalah instrumen tes berbasis kuliner Indonesia ditinjau dari aspek kelayakan isi layak untuk diterapkan karena akurat dengan tujuan pembelajaran, materi, tema dan kebutuhan pembelajar BIPA tingkat B1. Besaran persentase kelayakannya rata-rata 92,6% dengan kategori sangat baik. Dari segi bahasa telah memenuhi indikator pemilihan kata, penyusunan kata, ejaan, dan ragam bahasa. Besaran persentase kelayakannya ratarata 85,94% dengan kategori sangat baik. Dari segi sistematika penyajian telah memenuhi kualifikasi sangat baik karena memiliki kekonsistenan sistematika, keseimbangan antar keterampilan berbahasa, keruntutan konsep, kesesuaian ilustrasi dengan tema, dan penyajian soal yang variatif. Besaran persentase kelayakannya rata-rata 90,11% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba instrumen tes menunjukan bahwa pembelajar BIPA yang telah mencapai ketuntansan nilai minimal 466 sebanyak enam orang atau 100%. Jadi, pembelajar BIPA tingkat B1 dalam tes kenaikan tingkat, mencapai ketuntasan keterampilan berbahasa karena pembelajar telah mencapai tujuan pembelajaran dan telah menguasai materi keterampilan berbahasa.
id IOS4666.175045
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:58:25Z
last_indexed 2021-10-28T06:58:25Z
recordtype dc
_version_ 1751454083549495296
score 17.538404