Variasi Penggunaan Bahasa pada Papan Nama Toko di Ruang Publik Kota Malang

Main Author: Samudera, Firman Bangun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175024/
Daftar Isi:
  • Penggunaan bahasa merupakan bentuk perwakilan dari penutur yang menggunakan bahasa tersebut. Bentuk keterwakilan tersebut dapat dilihat melalui bahasa yang digunakan sehari-hari. Selain dari bahasa yang digunakan sehari-hari, penggunanaan tersebut juga tercermin di ruang publik yang dilihat melalui penamaan toko. Penelitian ini menggunakan prinsip lanskap linguistik dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode dokumentasi untuk mengambil dan mengolah data. Data yang didapatkan berjumlah 265 data, dari data tersebut dikelompokkan berdasarkan jenis usaha dan penggunaan bahasa. Terdapat 10 jenis usaha yang telah dikategorikan. Sepuluh jenis usaha tersebut diantaranya, kuliner, otomotif, kesehatan, salon, teknologi, fotokopi-percetakan, penyedia jasa, kebutuhan pokok, mode, dan toko barang spesifik. Analisis dari penelitian ini bertumpu pada aspek penggunaan bahasa atau teks dan aspek non-verbal dari perwakilan 10 jenis usaha tersebut. Dari pengkategorian tersebut menghasilkan kekhasan penggunaan bahasa dan non-verbal tiap jenis usaha. Hasil dari penelitian ini menggungkapkan bahwa (1) penggunaan bahasa Indonesia pada penamaan toko lebih dominan dibandingkan bahasa lain dengan jumlah 131 dan persentase 49.4%, penggunaan bahasa Inggris dengan jumlah 56 dan memiliki persentas 21.1%, Indonesia-Inggris dengan jumlah 53 data dan memiliki persentase 20.0%. Bahasa Indonesia masih mendominasi dalam penamaan toko. (2) seluruh jenis usaha lebih banyak menggunakan penamaan dengan bentuk frasa yang memberikan makna kepemilikan. (3) masing-masing jenis usaha memiliki kekhasan antara aspek teks dan non-verbal.