Variasi Penggunaan Bahasa pada Papan Nama Toko di Ruang Publik Kota Malang

Main Author: Samudera, Firman Bangun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175024/
ctrlnum 175024
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/175024/</relation><title>Variasi&#xD; Penggunaan Bahasa pada Papan Nama Toko di Ruang Publik Kota Malang</title><creator>Samudera, Firman Bangun</creator><subject>401.47 Languages for special purposes</subject><description>Penggunaan bahasa merupakan bentuk perwakilan dari penutur yang&#xD; menggunakan bahasa tersebut. Bentuk keterwakilan tersebut dapat dilihat melalui&#xD; bahasa yang digunakan sehari-hari. Selain dari bahasa yang digunakan sehari-hari,&#xD; penggunanaan tersebut juga tercermin di ruang publik yang dilihat melalui&#xD; penamaan toko. Penelitian ini menggunakan prinsip lanskap linguistik dengan&#xD; pendekatan kualitatif deskriptif dan metode dokumentasi untuk mengambil dan&#xD; mengolah data.&#xD; Data yang didapatkan berjumlah 265 data, dari data tersebut dikelompokkan&#xD; berdasarkan jenis usaha dan penggunaan bahasa. Terdapat 10 jenis usaha yang&#xD; telah dikategorikan. Sepuluh jenis usaha tersebut diantaranya, kuliner, otomotif,&#xD; kesehatan, salon, teknologi, fotokopi-percetakan, penyedia jasa, kebutuhan pokok,&#xD; mode, dan toko barang spesifik. Analisis dari penelitian ini bertumpu pada aspek&#xD; penggunaan bahasa atau teks dan aspek non-verbal dari perwakilan 10 jenis usaha&#xD; tersebut. Dari pengkategorian tersebut menghasilkan kekhasan penggunaan&#xD; bahasa dan non-verbal tiap jenis usaha.&#xD; Hasil dari penelitian ini menggungkapkan bahwa (1) penggunaan bahasa&#xD; Indonesia pada penamaan toko lebih dominan dibandingkan bahasa lain dengan&#xD; jumlah 131 dan persentase 49.4%, penggunaan bahasa Inggris dengan jumlah 56&#xD; dan memiliki persentas 21.1%, Indonesia-Inggris dengan jumlah 53 data dan&#xD; memiliki persentase 20.0%. Bahasa Indonesia masih mendominasi dalam&#xD; penamaan toko. (2) seluruh jenis usaha lebih banyak menggunakan penamaan&#xD; dengan bentuk frasa yang memberikan makna kepemilikan. (3) masing-masing&#xD; jenis usaha memiliki kekhasan antara aspek teks dan non-verbal.</description><date>2019-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Samudera, Firman Bangun (2019) Variasi Penggunaan Bahasa pada Papan Nama Toko di Ruang Publik Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIB/2019/12/051908534</relation><recordID>175024</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Samudera, Firman Bangun
title Variasi Penggunaan Bahasa pada Papan Nama Toko di Ruang Publik Kota Malang
publishDate 2019
topic 401.47 Languages for special purposes
url http://repository.ub.ac.id/175024/
contents Penggunaan bahasa merupakan bentuk perwakilan dari penutur yang menggunakan bahasa tersebut. Bentuk keterwakilan tersebut dapat dilihat melalui bahasa yang digunakan sehari-hari. Selain dari bahasa yang digunakan sehari-hari, penggunanaan tersebut juga tercermin di ruang publik yang dilihat melalui penamaan toko. Penelitian ini menggunakan prinsip lanskap linguistik dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode dokumentasi untuk mengambil dan mengolah data. Data yang didapatkan berjumlah 265 data, dari data tersebut dikelompokkan berdasarkan jenis usaha dan penggunaan bahasa. Terdapat 10 jenis usaha yang telah dikategorikan. Sepuluh jenis usaha tersebut diantaranya, kuliner, otomotif, kesehatan, salon, teknologi, fotokopi-percetakan, penyedia jasa, kebutuhan pokok, mode, dan toko barang spesifik. Analisis dari penelitian ini bertumpu pada aspek penggunaan bahasa atau teks dan aspek non-verbal dari perwakilan 10 jenis usaha tersebut. Dari pengkategorian tersebut menghasilkan kekhasan penggunaan bahasa dan non-verbal tiap jenis usaha. Hasil dari penelitian ini menggungkapkan bahwa (1) penggunaan bahasa Indonesia pada penamaan toko lebih dominan dibandingkan bahasa lain dengan jumlah 131 dan persentase 49.4%, penggunaan bahasa Inggris dengan jumlah 56 dan memiliki persentas 21.1%, Indonesia-Inggris dengan jumlah 53 data dan memiliki persentase 20.0%. Bahasa Indonesia masih mendominasi dalam penamaan toko. (2) seluruh jenis usaha lebih banyak menggunakan penamaan dengan bentuk frasa yang memberikan makna kepemilikan. (3) masing-masing jenis usaha memiliki kekhasan antara aspek teks dan non-verbal.
id IOS4666.175024
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:58:25Z
last_indexed 2021-10-28T06:58:25Z
recordtype dc
_version_ 1751454083621847040
score 17.538404