Variasi Penggunaan Bahasa pada Papan Nama Toko di Ruang Publik Kota Malang
Main Author: | Samudera, Firman Bangun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175024/ |
ctrlnum |
175024 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/175024/</relation><title>Variasi
Penggunaan Bahasa pada Papan Nama Toko di Ruang Publik Kota Malang</title><creator>Samudera, Firman Bangun</creator><subject>401.47 Languages for special purposes</subject><description>Penggunaan bahasa merupakan bentuk perwakilan dari penutur yang
menggunakan bahasa tersebut. Bentuk keterwakilan tersebut dapat dilihat melalui
bahasa yang digunakan sehari-hari. Selain dari bahasa yang digunakan sehari-hari,
penggunanaan tersebut juga tercermin di ruang publik yang dilihat melalui
penamaan toko. Penelitian ini menggunakan prinsip lanskap linguistik dengan
pendekatan kualitatif deskriptif dan metode dokumentasi untuk mengambil dan
mengolah data.
Data yang didapatkan berjumlah 265 data, dari data tersebut dikelompokkan
berdasarkan jenis usaha dan penggunaan bahasa. Terdapat 10 jenis usaha yang
telah dikategorikan. Sepuluh jenis usaha tersebut diantaranya, kuliner, otomotif,
kesehatan, salon, teknologi, fotokopi-percetakan, penyedia jasa, kebutuhan pokok,
mode, dan toko barang spesifik. Analisis dari penelitian ini bertumpu pada aspek
penggunaan bahasa atau teks dan aspek non-verbal dari perwakilan 10 jenis usaha
tersebut. Dari pengkategorian tersebut menghasilkan kekhasan penggunaan
bahasa dan non-verbal tiap jenis usaha.
Hasil dari penelitian ini menggungkapkan bahwa (1) penggunaan bahasa
Indonesia pada penamaan toko lebih dominan dibandingkan bahasa lain dengan
jumlah 131 dan persentase 49.4%, penggunaan bahasa Inggris dengan jumlah 56
dan memiliki persentas 21.1%, Indonesia-Inggris dengan jumlah 53 data dan
memiliki persentase 20.0%. Bahasa Indonesia masih mendominasi dalam
penamaan toko. (2) seluruh jenis usaha lebih banyak menggunakan penamaan
dengan bentuk frasa yang memberikan makna kepemilikan. (3) masing-masing
jenis usaha memiliki kekhasan antara aspek teks dan non-verbal.</description><date>2019-07-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Samudera, Firman Bangun (2019) Variasi Penggunaan Bahasa pada Papan Nama Toko di Ruang Publik Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIB/2019/12/051908534</relation><recordID>175024</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Samudera, Firman Bangun |
title |
Variasi
Penggunaan Bahasa pada Papan Nama Toko di Ruang Publik Kota Malang |
publishDate |
2019 |
topic |
401.47 Languages for special purposes |
url |
http://repository.ub.ac.id/175024/ |
contents |
Penggunaan bahasa merupakan bentuk perwakilan dari penutur yang
menggunakan bahasa tersebut. Bentuk keterwakilan tersebut dapat dilihat melalui
bahasa yang digunakan sehari-hari. Selain dari bahasa yang digunakan sehari-hari,
penggunanaan tersebut juga tercermin di ruang publik yang dilihat melalui
penamaan toko. Penelitian ini menggunakan prinsip lanskap linguistik dengan
pendekatan kualitatif deskriptif dan metode dokumentasi untuk mengambil dan
mengolah data.
Data yang didapatkan berjumlah 265 data, dari data tersebut dikelompokkan
berdasarkan jenis usaha dan penggunaan bahasa. Terdapat 10 jenis usaha yang
telah dikategorikan. Sepuluh jenis usaha tersebut diantaranya, kuliner, otomotif,
kesehatan, salon, teknologi, fotokopi-percetakan, penyedia jasa, kebutuhan pokok,
mode, dan toko barang spesifik. Analisis dari penelitian ini bertumpu pada aspek
penggunaan bahasa atau teks dan aspek non-verbal dari perwakilan 10 jenis usaha
tersebut. Dari pengkategorian tersebut menghasilkan kekhasan penggunaan
bahasa dan non-verbal tiap jenis usaha.
Hasil dari penelitian ini menggungkapkan bahwa (1) penggunaan bahasa
Indonesia pada penamaan toko lebih dominan dibandingkan bahasa lain dengan
jumlah 131 dan persentase 49.4%, penggunaan bahasa Inggris dengan jumlah 56
dan memiliki persentas 21.1%, Indonesia-Inggris dengan jumlah 53 data dan
memiliki persentase 20.0%. Bahasa Indonesia masih mendominasi dalam
penamaan toko. (2) seluruh jenis usaha lebih banyak menggunakan penamaan
dengan bentuk frasa yang memberikan makna kepemilikan. (3) masing-masing
jenis usaha memiliki kekhasan antara aspek teks dan non-verbal. |
id |
IOS4666.175024 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:58:25Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:58:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454083621847040 |
score |
17.538404 |