The Correlation between Students’ Vocabulary Mastery and Reading Comprehension

Main Author: Khusna, Nila Aisatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174996/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara penguasaan kosakata dan pemahaman membaca pada siswa sekolah Islam. Membaca adalah proses kognitif yang melibatkan pembangunan makna kata. Pembangunan makna dilakukan dengan mengetahui makna kata. Kata yang dimaksud adalah kosakata yang ada dalam pemeblajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini merupakan semua siswa kelas VIII SMPI Sabilurrosyad Malang yang terdiri dari 43 siswa. Ada dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes penguasaan kosakata dan tes membaca pemahaman. Data dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus Korelasi Order Spearman Rank pada SPSS v.21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi (rvalue) lebih tinggi dari rtabel pada taraf signifikan 5% atau 0,05 (rvalue> rtable = 0,703> 0,304) yang berarti terdapat korelasi yang sangat positif antara dua variabel. Kemudian, nilai tvalue dibandingkan dengan ttable untuk mengetahui apakah korelasinya dapat diterima atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tvalue lebih tinggi dari ttable (tvalue > ttable = 6.251> 2.021) di mana korelasi antara dua variabel signifikan. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata dan membaca pemahaman pada siswa sekolah Islam. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu diharapkan dapat menguunakan metode yang berbeda dan memperluas populasi penelitian.