Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Puisi Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditoris, Visual, Intelectual) Pada Siswa Kelas X-MM-B SMK PGRI 3 Malang
Main Author: | Wicaksana, Prisma Satya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174920/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang terdapat pada pelaksanaan penelitian ini secara umum adalah kurangnya kemampuan siswa kelas X-MM-B SMK PGRI 3 Malang dalam pembelajaran menulis teks puisi. Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dibuktikan dari hasil tahap prasiklus, yang diperoleh nilai rata-rata 35,26. Hal tersebut menunjukkan hasil pelaksanaan pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas X-MM-B masih rendah dan diperlukan adanya perbaikan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Solusi perbaikan yang ditawarkan peneliti untuk memperbaiki permasalahan dalam pembelajaran adalah menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditoris, Visual, Intelectual) pada pembelajaran menulis puisi. Hasil peningkatan pembelajaran dari segi proses ditandai dengan adanya peningkatan kegiatan siswa dalam pelaksanaan siklus 1 adalah 75,10, nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus 2 adalah 86,02, nilai rata-rata kegiatan siswa dalam siklus 3 adalah 86,64. Kegiatan guru dalam pembelajaran siklus 1 adalah 80,46, nilai kegiatan guru dalam pembelajaran siklus 2 adalah 88,78, nilai rata-rata kegiatan guru dalam siklus 3 adalah 94,97. Peningkatan dari segi hasil pembelajaran menulis teks puisi ditandai dengan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 50,92, nilai rata-rata siswa pada siklus 2 adalah 71,16, nilai rata-rata siswa pada siklus 3 mencapai angka 83,66. Dengan demikian penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditoris, Visual, Intelectual) mampu meningkatkan pembelajaran menulis puisi dari segi proses dan hasil pembelajaran.