Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Puisi Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditoris, Visual, Intelectual) Pada Siswa Kelas X-MM-B SMK PGRI 3 Malang

Main Author: Wicaksana, Prisma Satya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174920/
ctrlnum 174920
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/174920/</relation><title>Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Puisi Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditoris, Visual, Intelectual) Pada Siswa Kelas X-MM-B SMK PGRI 3 Malang.</title><creator>Wicaksana, Prisma Satya</creator><subject>371.3 Methods of instruction and study</subject><description>Permasalahan yang terdapat pada pelaksanaan penelitian ini secara umum adalah kurangnya kemampuan siswa kelas X-MM-B SMK PGRI 3 Malang dalam pembelajaran menulis teks puisi. Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dibuktikan dari hasil tahap prasiklus, yang diperoleh nilai rata-rata 35,26. Hal tersebut menunjukkan hasil pelaksanaan pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas X-MM-B masih rendah dan diperlukan adanya perbaikan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Solusi perbaikan yang ditawarkan peneliti untuk memperbaiki permasalahan dalam pembelajaran adalah menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditoris, Visual, Intelectual) pada pembelajaran menulis puisi. Hasil peningkatan pembelajaran dari segi proses ditandai dengan adanya peningkatan kegiatan siswa dalam pelaksanaan siklus 1 adalah 75,10, nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus 2 adalah 86,02, nilai rata-rata kegiatan siswa dalam siklus 3 adalah 86,64. Kegiatan guru dalam pembelajaran siklus 1 adalah 80,46, nilai kegiatan guru dalam pembelajaran siklus 2 adalah 88,78, nilai rata-rata kegiatan guru dalam siklus 3 adalah 94,97. Peningkatan dari segi hasil pembelajaran menulis teks puisi ditandai dengan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 50,92, nilai rata-rata siswa pada siklus 2 adalah 71,16, nilai rata-rata siswa pada siklus 3 mencapai angka 83,66. Dengan demikian penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditoris, Visual, Intelectual) mampu meningkatkan pembelajaran menulis puisi dari segi proses dan hasil pembelajaran.</description><date>2019-07-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Wicaksana, Prisma Satya (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Puisi Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditoris, Visual, Intelectual) Pada Siswa Kelas X-MM-B SMK PGRI 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIB/2019/22/051908544</relation><recordID>174920</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Wicaksana, Prisma Satya
title Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Puisi Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditoris, Visual, Intelectual) Pada Siswa Kelas X-MM-B SMK PGRI 3 Malang
publishDate 2019
topic 371.3 Methods of instruction and study
url http://repository.ub.ac.id/174920/
contents Permasalahan yang terdapat pada pelaksanaan penelitian ini secara umum adalah kurangnya kemampuan siswa kelas X-MM-B SMK PGRI 3 Malang dalam pembelajaran menulis teks puisi. Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dibuktikan dari hasil tahap prasiklus, yang diperoleh nilai rata-rata 35,26. Hal tersebut menunjukkan hasil pelaksanaan pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas X-MM-B masih rendah dan diperlukan adanya perbaikan untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Solusi perbaikan yang ditawarkan peneliti untuk memperbaiki permasalahan dalam pembelajaran adalah menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditoris, Visual, Intelectual) pada pembelajaran menulis puisi. Hasil peningkatan pembelajaran dari segi proses ditandai dengan adanya peningkatan kegiatan siswa dalam pelaksanaan siklus 1 adalah 75,10, nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus 2 adalah 86,02, nilai rata-rata kegiatan siswa dalam siklus 3 adalah 86,64. Kegiatan guru dalam pembelajaran siklus 1 adalah 80,46, nilai kegiatan guru dalam pembelajaran siklus 2 adalah 88,78, nilai rata-rata kegiatan guru dalam siklus 3 adalah 94,97. Peningkatan dari segi hasil pembelajaran menulis teks puisi ditandai dengan hasil nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 50,92, nilai rata-rata siswa pada siklus 2 adalah 71,16, nilai rata-rata siswa pada siklus 3 mencapai angka 83,66. Dengan demikian penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditoris, Visual, Intelectual) mampu meningkatkan pembelajaran menulis puisi dari segi proses dan hasil pembelajaran.
id IOS4666.174920
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:58:20Z
last_indexed 2021-10-28T06:58:20Z
recordtype dc
_version_ 1751454084158717952
score 17.538404