Studi Elaboration Likelihood Model Pada Rute Peripheral: Pengaruh Efektivitas Iklan Webseries ‘Unilever: Jelang Buka’ Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Efektivitas Iklan pada Pemirsa Webseries UNILEVER versi Jelang Buka di Youtube)

Main Author: -, Amelia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174715/
Daftar Isi:
  • Elaboration likelihood model adalah salah satu teori yang digunakan untuk memahami proses yang mendasari efektivitas komunikasi persuasif seperti yang dinyatakan oleh pendiri Petty & Cacioppo (1983). ELM dapat menjelaskan bagaimana seseorang memproses informasi yang diterima dan memprediksi apakah pesan tersebut memiliki pengaruh pada perubahan sikap dan retensi pesan. Sebagaimana dijelaskan dalam ELM; ada dua rute persuasi yang utama yaitu rute sentral dan rute periferal. Dalam hal ini, webseries yang diberi judul ‘Jelang Buka’ oleh Unilever menggunakan isyarat periferal sebagai upaya komunikasi persuasif. Dengan demikian, ELM digunakan untuk menjelaskan pengaruh isyarat periferal yang ditemukan di situs web 'Jelang Buka' terhadap niat untuk membeli di antara audiens. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan metode kuantitatif yaitu melalui kuesioner survei terhadap 100 responden dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin dan menjadikan pemirsa webseries yang sudah menonton seluruh episode webseries Jelang Buka sebagai subjek. Hasil uji-t untuk variable isyarat periferal adalah 10,929 dan hasil koefisien determinasi menunjukkan adj. r-square adalah 0,545 - kedua hasil memberi makna bahwa isyarat periferal pada Jelang Buka ditemukan efektif terhadap minat pembelian.