Pengaruh Daya Tarik Rasional dan Daya Tarik Emosional terhadap Minat Beli (Studi Studi Kuantitatif Pada Iklan Ramayana dalam Vlog Arif Muhammad “Beti Pergi ke Mall” di YouTube)
Main Author: | Prasetyo, Jenn Shinta Alifia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174613/ |
Daftar Isi:
- Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pesan iklan adalah daya tarik iklan, seperti yang disampaikan oleh Kotler dan Amstrong (2008) yang menyatakan bahwa komunikator dalam menyusun pesan iklan harus memikirkan apa yang akan dikatakan, harus menemukan daya tarik yang akan menghasilkan tanggapan yang diinginkan. Nwanko, Aboh, Obi, Agu, dan Agbor (2013) mengungkapkan bahwa daya tarik iklan bertujuan untuk mempengaruhi cara konsumen melihat dan bagaimana membeli produk tertentu dapat membuktikan bermanfaat bagi mereka. Pesan yang disampaikan melalui daya tarik iklan dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik emosional dan daya tarik rasional terhadap minat beli. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan paradigma positivistik dengan variabel in dependen (X1) daya tarik emosional yang diukur melalui humor mengacu pada Feiz, dkk (2013), (X2) daya tarik rasional yang diukur dengan one side appeal, two side appeal, comparative mengacu pada Feiz, dkk (2013) dan variabel independen (Y) minat beli yang diukur dengan consideration, intention, willingness mengacu pada Besra, Kartini, dan Hasan (2015). Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling dengan menggunakan kuesioner secara online pada 272 responden penonton vlog Arif Muhammad “Beti Pergi ke Mall” di YouTube. Peneliti menggunakan pengukuran skala likert pada penelitian ini, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pada daya tarik emosional dan daya tarik rasional terhadap minat beli. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa daya tarik rasional dan daya tarik emosional berpegaruh terhadap minat beli, yakni dengan signifikansi t sebesar 0.000 < 0.05 dan t hitung lebih besar t tabel (3.828 > 1.96822, 11.213 > 1.96822). Besar pengaruh kedua variabel sebesar 0.916 atau 91,6% yang ditunjukkan dengan simbol R (korelasi).