Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah Secara Massal Melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Di Kantor Pertanahan Kabupaten Malang Ptsl (Studi Pada Desa Sumberagung Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang )
Main Author: | Ramadhani, Mutiara Sendhy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174006/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik tentang Kualiatas Pelayanan Sertifikasi Tanah Secara Massa! melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang, faktor pendukung dan penghambat di Desa SumberAgung Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian metode kualitatif merupakan penelitian yang menggambarkan dan menjelaskan peristiwa yang terjadi di lapangan dengan menyajikan data secara tertata, fakta, dan sesuai dengan informasi yang didapatkan. Pengumpulan data dengan melakukan tiga teknik yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan mengumpulkan penyajian data, penarikan kesimpulan dan reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang menerapkan dimensi Tengibel, Realiability, Responsivisness, Assurance, dan Emphaty beserta indikator lain yang berkaitan dengan Kualitas Pelayanan Publik. Namun terdapat beberapa faktor yang belum sesuai harapan dari masyarakat di Desa Sumberagung Kecamatan N gantang Kabupaten Malang. Faktor penghambat dalam proses pelayanan kepada masyarakat antara lain kurang cepat dalam menyelesaikan layanan proses sertifikasi tanah dan kurangnya pemahaman untuk memenuhi persyaratan pada saat pengumpulan pemberkasan Data Yuridis dan Data Fisik. Sedangkan faktor pendukung berdasarkan layanan yang diberikan adalah mengadakan sosialisasi dan penyuluhan desa tentang Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang senantiasa memberikan pemahaman dan pengarahan oleh Tim Panitia yang sudah dibentuk dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang. Kesimpulan yang didapatkan yaitu, setiap pemerintah memberikan Kualitas Pelayanan Publik yang dilakukan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan melayani setiap saat secara tepat dan memuaskan.